Usung Bibit Unggul, PPP Sumbar Optimistis Menang Pilkada Sumbar 2020


Senin, 23 November 2020 - 09:50:22 WIB
Usung Bibit Unggul, PPP Sumbar Optimistis Menang Pilkada Sumbar 2020 Amora Lubis

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumbar tetap optimis akan memenangkan Pilkada serentak yang dilakukan pada 9 Desember mendatang. Pasalnya partai berlambang ka'bah ini mengusung bibit unggul. Apalagi pada era reformasi, provinsi ini pernah menjadi basis PPP.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Amora Lubis saat dihubungi Harianhaluan.com, Senin (23/11/2020). Amora mengatakan, dari 11 kabupaten/kota PPP memiliki calon dari kader sendiri. Pertama di Agam diusung Ketua DPW PPP Sumbar Hariadi untuk maju sebagai calon Bupati Agam. Sepanjang pantauan dan laporan yang sampai ke DPW gerakan Hariadi mendapat tanggapan positif.

"Dari empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam, beliau (Hariadi) menepati urutan teratas walaupun selisih pertanse dan angkanya tidak begitu mencolok. Artinya jelas PPP mengusung bibit unggul," kata Amora.

Dengan begitu Amora mengharapkan di Agam bisa dimenangkan oleh PPP yang berkoalisi dengan Partai Berkarya, Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

"Kita juga mengajukan saudara Iraddatillah berpasangan dengan Benny Dwifa Yuswir anak Bupati Sijunjung. Di sana kita juga targetkan memperoleh kemenangan," ujar Amora penuh optimis.

Di Tanah Datar, kata Amora, PPP mencalonkan Betty Shadiq Pasadigoe yang berstatus sebagai bundo kanduang di Sumbar. Selain bundo kanduang, Betty Sadiq juga merupakan anggota DPR RI dan istri dari mantan Bupati Tanah Datar dua periode.

"Di Tanah Datar kita PPP berkoalisi dengan PAN, di sana kita juga menargetkan memenangkan pemilihan kepala daerah di daerah tersebut," ujar Amora.

Tak hanya itu, kata Amora, pihaknya juga mengajukan yang sudah menjadi kader PPP di Kabupaten Solok yakni Nofi Candra merupakan mantan anggota DPD RI berpasangan dengan Yulfadri Nurdin yang saat ini masih berstatus sebagai Wakil Bupati Solok.

"Termasuk kita targetkan di sana bisa memperoleh kemenangan. Itu kira-kira kalau kita menyebut pasangan calon PPP yang ada di kabupaten/kota. Kita menargetkan kemenangan itu," ulas Amora.

Dari 11 calon yang diusung, sebut Amora, merupakan figur dan tokoh yang mempunyai integritas tinggi dan juga diyakini mempunyai elektabilitas tinggi ditengah-tengah masyarakat.

Termasuk pula Pilgub, kata dia, PPP mencalonkan Mahyeldi sebagai calon Gubernur dan Audy Joinaldy calon Wakil Gubernur Sumbar. Mereka merupakan gabungan antara birokrat dengan pengusaha. Mahyeldi juga pernah beberapa kali di DPRD, sementara Audy tokoh muda milenial.

Kalau digabungan kedua-duanya mereka pasangan termuda dari empat pasangan calon yang ada. Kendati demikian, kata Amora, bukan berarti di daerah lain PPP tidak mempunyai peluang.

Seperti di Solok Selatan, PPP juga mengusung Ketua DPD Golkar dengan Sekda koalisi antara PPP dan Golkar. Pasangan ini mendapata dukungan besar dari masyarakat.

"Alhamdulillah mereka yang kita usung bibit-bibit unggul. Disamping mereka birokrat, politisi, juga sekaligus tokoh masyarakat. Sedangkan di Solok, sambung Amora, PPP mengsung Wakil Walikota Solok Reinir," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]