Caleg Gerindra Gagal di Pileg 2019 Tagih Dana Kompensasi


Selasa, 24 November 2020 - 10:15:42 WIB
Caleg Gerindra Gagal di Pileg 2019 Tagih Dana Kompensasi Caleg Gerindra Gagal di Pileg 2019 Tagih Dana Kompensasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Calon legislatif (Caleg) gagal dari Partai Gerindra Kabupaten Pasaman menagih dana kompensasi yang dijanjikan oleh anggota legislatif terpilih pada Pemilu (Pileg) 2019, Karman.

Kepada caleg gagal ini, pria yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Pasaman, menjanjikan akan memberikan mereka dana kompensasi sebagaimana kesepakatan bersama seluruh caleg di Dapil II Pasaman. 

"Kami hanya menagih janji dari Pak Karman dan itu hak kami. Dulu sebelum pemilu 2019 digelar, caleg yang berpartisipasi di Dapil II Pasaman dijanjikan akan diberikan kompensasi berupa uang," ujar mantan caleg DPRD Pasaman, Abdi Riyandi, Selasa (24/11/2020).

Dia mengatakan, kompensasi akan dibayarkan begitu pemenang diumumkan oleh KPU di dapil itu, namun hingga saat ini belum pernah ada caleg yang menerima janji kompensasi sejumlah uang sebagaimana tertuang dalam surat kesepatakan bersama.

"Baru tiga bulan lalu jumpa dengan dia (Karman), setelah dia dinyatakan sebagai pemenang dari Partai Gerindra pada Pileg 2019 lalu. Saat ketemuan, janjinya akan segera diselesaikan kesepakatan yang pernah kita buat saat Pileg lalu," kata Abdi mewakili mantan caleg di dapil itu. 

Caleg Gerindra lainnya, Safein menambahkan, uang kompensasi merupakan bagian dari kesepakatan dan janji politik seluruh caleg di Dapil II Pasaman yang meliputi Kecamatan Panti-Duokoto, jika tampil sebagai pemenang.

"Caleg gagal akan mendapatkan uang konpensasi. Nilainya sebesar Rp5 juta untuk 0-50 suara. Diatas 50-100 suara dikalikan Rp60 ribu per suara, 100 suara ke atas dikalikan Rp50 ribu per suara. Total suara saya di Pileg lalu mencapai 993 lebih," ujar caleg peraih suara terbanyak kedua ini. 

Mereka, kata dia, sudah mengadukan hal tersebut kepada Ketua DPC Gerindra Pasaman, Bustomi. Pihaknya meminta ketua DPRD Pasaman itu turun tangan menyelesaikan kesepakatan konpensasi antar calegnya di partai itu di pileg lalu. 

"Beberapa teman sudah mulai menuntut kompensasi tersebut. Kami belum mendapatkan penjelasan mengenai itu, jadi wajar kita mempertanyakannya ke pak Bustomi juga, tapi beliau tak ada respon. Beliau terkesan cuek," ujarnya

Mereka berharap, sebagai Aleg terpilih untuk periode 2019-2024, Karman segera menunaikan janjinya kepada seluruh caleg di dapil II tersebut. Sebab, kata dia, janji adalah hutang yang harus segera dibayar. 

"Sebanyak enam caleg DPRD dapil II Pasaman meneken kesepakatan tersebut. Termasuk Karman, yang tampil sebagai pemenang di dapil II dari Gerindra. Surat kesepakatan bersama itu diteken pada 3 April 2019, diatas meterai 6.000," ujarnya. 

Harianhaluan.com, sudah mencoba menghubungi Anggota DPRD Pasaman sekaligus Ketua Fraksi Partai Gerindra, Karman untuk dimintai tanggapan terkait hal tersebut, namun belum ada jawaban. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]