Duh! Pemerintah China Tambah Perketat Aturan Keagamaan


Selasa, 24 November 2020 - 12:18:59 WIB
Duh!  Pemerintah China Tambah Perketat Aturan Keagamaan Perempuan Muslim di wilayah Xinjiang, China. (foto: ist/net)

BEIJING,HARIANHALUAN.COM-Regulasi tentang kegiatan keagamaan yang memperketat orang asing, telah resmi diterbitkan n Otoritas keagamaan China. Dalihnya, untuk mencegah ekstremisme.

Kementerian Kehakiman China telah merilis regulasi tersebut pada  Selasa  memberikan tenggat waktu hingga 17 Desember 2020 kepada masyarakat setempat untuk memberikan tanggapannya.

Baca Juga : Daftar 20 Negara Penyumbang Kasus Terbanyak Covid-19, Termasuk RI

Regulasi tersebut berisi lima bab, di antaranya tentang prosedur mengajukan kegiatan keagamaan secara kolektif, pertukaran pandangan antartokoh atau institusi keagamaan dengan pihak asing, dan tanggung jawab hukum yang harus dipikul oleh tokoh kelompok agama asing selama tinggal di China.

Dari lima bab itu yang paling banyak mendapatkan sorotan dari masyarakat adalah Pasal 21, demikian media resmi China dikutip Antara, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga : Gara-gara Pandemi, Pilot Ini Jadi Kuli Bangunan dan Pengantar Barang

Dalam pasal tersebut terdapat daftar kegiatan keagamaan yang tidak boleh digelar di China, seperti memengaruhi atau mencampuri urusan umat beragama, institusi atau tempat ibadah di China, mencampuri ketetapan tokoh agama di China, advokasi ekstremisme melalui agama, dukungan pendanaan ilegal atau aktivitas ekstremisme, memanfaatkan agama untuk merusak persatuan nasional atau solidaritas antaretnis di China atau menggunakan agama untuk melancarkan aksi terorisme.

Mantan Kepala Divisi Urusan Keagamaan dan Etnisitas pada Komisi Nasional Majelis Penasihat Politik China (semacam MPR) Zhu Weiqun menilai regulasi versi baru ini dapat membantu mencegah beberapa kelompok teroris yang ingin menyusup ke China.

Baca Juga : Presiden Meksiko Positif Terpapar Covid-19

"Aturan ini tidak bertentangan dengan kebebasan beragama. Hanya dengan menghentikan berbagai cara yang memanfaatkan agama itulah bisa membuat masyarakat lebih tenang dalam menjalankan kebebasan beragama," ujarnya. (*)

Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 10:54:46 WIB

    Daftar 20 Negara Penyumbang Kasus Terbanyak Covid-19, Termasuk RI

    Daftar 20 Negara Penyumbang Kasus Terbanyak Covid-19, Termasuk RI Corona dunia per hari ini menembus angka 100 juta. Berdasarkan catatan Worldometers Corona, ada 100.254.847 kasus akumulatif COVID-19 di seluruh dunia, Selasa (26/1/2021)..
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 08:55:20 WIB

    Gara-gara Pandemi, Pilot Ini Jadi Kuli Bangunan dan Pengantar Barang

    Gara-gara Pandemi, Pilot Ini Jadi Kuli Bangunan dan Pengantar Barang Hampir semua orang mengalami kesulitan selama pandemi. Terlebih mereka yang pekerjaannya terdampak besar karena aturan untuk tidak bepergian dan berkerumun. Pilot adalah salah satunya. Sejumlah pilot harus mengurangi jam terb.
  • Senin, 25 Januari 2021 - 23:26:50 WIB

    Presiden Meksiko Positif Terpapar Covid-19

    Presiden Meksiko  Positif Terpapar  Covid-19 Mexico menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19. Semua kalangan tidak luput terpapar,  termasuk Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador..
  • Senin, 25 Januari 2021 - 12:18:19 WIB

    Nama Buah Naga Diganti Jadi Teratai di Gujarat, Ini Alasannya

    Nama Buah Naga Diganti Jadi Teratai di Gujarat, Ini Alasannya Lantaran nama buah naga "memiliki asosiasi dengan China",  otoritas Gujarat, salah satu negara bagian di India, memutuskan mengubah nama buah tersebut. Hasilnya ternyata malah memicu banjir meme dan lelucon di lini masa medi.
  • Senin, 25 Januari 2021 - 11:28:19 WIB

    Mantan Menteri Yunani Ditemukan Tewas di Laut

    Mantan Menteri Yunani Ditemukan Tewas di Laut Seorang mantan menteri Yunani, Sifis Valirakis ditemukan tewas di laut pada hari Minggu (24/1) waktu setempat. Menurut Kantor Berita Athena, pria berusia 77 tahun itu sebelumnya hilang pada Minggu sore di lepas pantai pulau E.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]