Soal Caleg Gagal Tagih Dana Kompensasi, Begini Respons Ketua DPC Gerindra Pasaman


Selasa, 24 November 2020 - 12:50:08 WIB
Soal Caleg Gagal Tagih Dana Kompensasi, Begini Respons Ketua DPC Gerindra Pasaman Ilustrasi

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Pasaman, Fraksi Gerindra, Karman menegaskan bahwa kesepakatan dana kompensasi antar caleg di daerah pemilihan Pasaman II pada Pileg 2019 lalu merupakan urusan internal dari partai besutan Prabowo Subianto itu. 

"Itu internal partai. Dan, mereka juga sudah dipanggil oleh Ketua Gerindra Pasaman, Bustomi. Saya juga sudah dipanggil oleh dia (Bustomi, red). Untuk informasi lebih lanjut silahkan ditanyakan langsung ke beliau," ujar Karman menanggapi pemberitaan harianhaluan.com, tentang caleg Gerindra gagal di pileg 2019 menagih dana kompensasi, Selasa (24/11/2020).

Terpisah, Ketua DPC Gerindra Pasaman, Bustomi meminta partainya tidak diganggu dulu dengan hal-hal yang dapat merusak konsentrasi mereka dalam pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit-Indra Catri di Pilkada ini. 

"Tanggapannya, kami saat ini tidak ingin diganggu. Karena kami sedang fokus memenangkan NA-IC. Tolong harap dimaklumi," ujar Ketua DPRD Pasaman ini. 

Sebelumnya, sejumlah caleg gagal dari Partai Gerindra di Pileg lalu menagih dana kompensasi yang dijanjikan. Pasalnya, dana kompensasi sebesar Rp50 ribu - Rp60 ribu per suara itu tak kunjung dibayarkan oleh Karman, sebagai pemenang dari partai itu di dapil II. 

"Kami hanya menagih janji dari Pak Karman dan itu hak kami. Dulu sebelum pemilu 2019 digelar, caleg yang berpartisipasi di Dapil II Pasaman dijanjikan akan diberikan kompensasi berupa uang," ujar mantan caleg DPRD Pasaman, Abdi Riyandi.

Caleg Gerindra lainnya, Safein menyebutkan, uang kompensasi merupakan bagian dari kesepakatan dan janji politik seluruh caleg di Dapil II Pasaman yang meliputi Kecamatan Panti-Duokoto, jika tampil sebagai pemenang.

"Caleg gagal akan mendapatkan uang kompensasi. Nilainya sebesar Rp5 juta untuk 0-50 suara. Di atas 50-100 suara dikalikan Rp60 ribu per suara, 100 suara ke atas dikalikan Rp50 ribu per suara. Total suara saya di Pileg lalu mencapai 993 lebih," ujar caleg peraih suara terbanyak kedua ini. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]