Jambu Biji Tidak Termasuk! 5 Makanan Terbaik agar Cepat Sembuh dari DBD


Selasa, 24 November 2020 - 13:19:57 WIB
Jambu Biji Tidak Termasuk! 5 Makanan Terbaik agar Cepat Sembuh dari DBD Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah makanan dapat membantu mempercepat penyembuhan demam berdarah dengue (DBD). Pasien DBD dapat mengonsumsi makanan ini sembari mendapatkan perawatan medis.

DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Orang yang menderita DBD akan mengalami penurunan jumlah cairan dan trombosit atau keping darah. Kondisi ini memicu sejumlah gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, muntah, nyeri otot dan sendi, serta bintik-bintik merah di kulit.

DBD dapat diobati dengan perawatan medis. Pasien DBD juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan yang membantu untuk meningkatkan jumlah cairan dan trombosit di dalam tubuh.

Berikut 5 makanan terbaik untuk cepat sembuh dari DBD.

1. Daun pepaya
Sejumlah studi menunjukkan, daun pepaya dapat membantu mempercepat penyembuhan DBD. Daun pepaya terbukti meningkatkan trombosit dengan signifikan.

Daun pepaya bisa dikonsumsi setelah mengolahnya menjadi sayuran ataupun dijus.

2. Buah delima
Buah delima merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Delima dapat membantu mengurangi kelelahan dan memberikan energi tambahan pada pasien DBD.

Kandungan zat besi yang tinggi di dalam delima juga membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

3. Air kelapa
Air kelapa dapat membantu meningkatkan cairan pada pasien DBD yang mengalami dehidrasi. Air kelapa mengandung elektrolit dan nutrisi yang baik untuk pasien DBD.

4. Kunyit
Dikutip dari Pharm Easy, kunyit memiliki sifat antioksidan dan antiseptik yang tinggi sehingga membantu pemulihan lebih cepat. Kunyit juga memperkuat metabolisme pada pasien DBD.

5. Jeruk
Buah jeruk kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus Dengue.

Selain mengonsumsi makanan yang dapat mempercepat penyembuhan DBD, hindari pula mengonsumsi makanan yang berminyak atau digoreng, makanan pedas, dan makanan yang mengandung kafein.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]