Realiasasi Perizinan DPMPTSP Padang Capai 83 Persen


Selasa, 24 November 2020 - 16:23:47 WIB
Realiasasi Perizinan DPMPTSP Padang Capai 83 Persen Corri Saidan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemko Padang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan 42 izin. Sehubungan dengan itu, Kepala DPMPTSP Pemko Padang Corri Saidan mengatakan hal ini berdasarkan Perwako No 63 tahun 2020 tentang pendelegasian wewenang yang diberikan wali kota ke DPMPTSP.

Corri Saidan mengungkapkan, hingga bulan Oktober 2020, realisasi perizinan yang sudah dikeluarkan mencapai 83 persen. "Dari 42 izin tersebut Sampai Oktober 2020, kita sudah menerbitakan izin sampai 83 persen diterbitkan," katanya, Selasa (24/11).

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Ia melanjutkan, dibandingkan tahun 2019 lalu realiasi perizinan ini hampir sama. Maka di masa pandemi Covid-19 perizinan diatur dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tahun 2020 ini juga sudah dimaksimalkan perizinan yang terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS).

"MPP yang ada di Pasar Raya Padang tetap banyak dikunjungi masyarakat yang ingin mendapatkan infromasi OSS dan aplikasi yang digunakan," sebutnya.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

Terutama bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang OSS dan aplikasi layanan perizinan yang digunakan seperti salah satunya SAPORANCAK. SAPO merupakan kepan­jangan dari Sistem Aplikasi Pelayanan Online. Kata RANCAK diambil dari moto DPMPTSP Kota Padang yang asal katanya Ramah, Adil, Normatif, Cepat, Akuntabilitas, dan Kualitas.

"Insya Allah nanti di 2021 kita berencana mengembangkan sistem aplikasi SIMBG (Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung). Pelayanan SIMBG mencakup penyelenggaraan izin mendirikan bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan (SLF)," ungkapnya.(*)

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Ajak Pelanggan Catat Meter Mandiri, Ini Caranya

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]