Datangi Bareskrim, Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy Laporkan Dugaan Tindak Pidana Kampanye Mulyadi


Selasa, 24 November 2020 - 18:08:33 WIB
Datangi Bareskrim, Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy Laporkan Dugaan Tindak Pidana Kampanye Mulyadi Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy yang diwakili Muhammad Taufik saat menyambangi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Selasa (24/11/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah sebelumnya melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy yang diwakili Muhammad Taufik menyambangi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Selasa (24/11/2020).

Muhammad Taufik sebagai pelapor itu hadir bersama saksi. Kedatangan ke Bareskrim guna 

Baca Juga : Tak Ada Gugatan Hasil Pilkada, KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok

memberikan keterangan atas Laporan Dugaan Tindak Pidana Kampanye Diluar Jadwal yang dilakukan oleh Calon Gubernur Sumbar Nomor Urut 1, Mulyadi pada program Coffee Break TV One pada Kamis (12/11/2020) pukul 09.00 WIB.

"Laporan sebelumnya telah dilakukan pada Bawaslu Sumbar oleh Tim Kuasa Hukum Mahyeldi Audy yang diwakili oleh Miko Kamal dan telah diproses oleh Tim Gakkumdu Sumbar," kata Muhammad Taufik kepada Harianhaluan.com.

Baca Juga : Sujud Syukur Usai Penetapan oleh KPU Pasbar, Ini Janji Paslon Pemenang Pilkada Pasbar 2020

Muhammad Taufik menjelaskan, berdasarkan informasi dari Bawaslu Sumbar, kasus ini telah dilimpahkan kepada Bawaslu RI dan ditangani oleh Mabes Polri untuk diusut tuntas.

Menurut Muhammad Taufik, tindakan penyiaran program Coffe Break di TV One bersama Mulyadi tersebut telah melanggar ketentuan kampanye diluar jadwal sesuai dengan pengaturan UU Pilkada dan PKPU tentang Kampanye.

Baca Juga : KPU Pasbar Tetapkan Hamsuardi dan Risnawanto Pemenang Pilkada 2020

Hal ini juga diduga telah melanggar prinsip penyiaran yang berimbang oleh media terhadap calon kepala daerah.

"Tujuan kita mendatangi Bareskrim Polri hari ini untuk mengawal dan mewujudkan Pemilu yang adil dan bebas dari segala bentuk kecurangan," kata Muhammad Taufik.

Baca Juga : Siap-siap! 35 Sengketa Pilkada Mulai Disidangkan di MK pada 26 Januari

Diketahui sebelumnya, Tim Penasehat Hukum Pasangan Calon Mahyeldi-Audy Joinaldi datangi Bawaslu Sumbar untuk melaporkan terkait penyiaran pasangan calon Mulyadi dimedia televisi TV One.

Pelaporan tersebut, TV One dianggap tidak adil, karena hanya menyiarkan satu pasangan calon yaitu Ir Mulyadi. Kemudian penyelenggaraan secara live hari, Kamis (12/11/2020) dari pukul 09.00 - 09.30 WIB.

Selaku Kuasa Hukum, Miko Kamal Cs mengatakan, secara prinsipnya, semua media massa termasuk TV sesuai dengan PKPU harus berlaku adil kepada seluruh kontestan pasangan calon yang bertarung di Pilkada 2020, baik Pilkada Gubernur maupun Pilkada Kabupaten dan Kota.

"Dengan kegiatan program tersebut tanpa mengundang pasangan calon lain, sudah ada indikasi bahwa TV one melakukan perbuatan tidak adil kepada semua pasangan calon," sebut Miko. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]