Pilgub Sumbar, Begini Isi Visi dan Misi 4 Pasangan Cagub dan Cawagub Sumbar


Selasa, 24 November 2020 - 19:19:52 WIB
Pilgub Sumbar, Begini Isi Visi dan Misi 4 Pasangan Cagub dan Cawagub Sumbar Pilgub Sumbar

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Tahapan pencoblosan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur semakin dekat. Hanya hitungan minggu, Sumatera Barat dinahkodai oleh Gubernur baru yang akan mempimpin selama lima tahun mendatang.

Menjelang hari-H pencoblosan, berbagai gagasan disampaikan keempat pasangan calon yakni Mulyadi-Ali Mukhni nomor urut 1, Nasrul Abit-Indra Catri nomor 2, Fakhrizal-Genius Umar nomor urut 3, dan Mahyeldi - Audy Joinaldi nomor 4

1. Pasangan Calon nomor urut 1 Mulyadi - Ali Mukhni, membawa visi 'Terwujudnya Sumbar yang berkah, sejahtera, berdikari, adil dan demokratis melalui pemberdayaan ekonomi pro rakyat berlandaskan budaya dan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah'.

Misinya diarahkan ke 7 hal yakni, mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program jaring pengaman sosial yang adil dan merata. Kemudian, meningkatkan pendapatan masyarakat melalui program-program pemberdayaan UMKM yang berlandaskan potensi lokal.

Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya ditengah Pandemi Covid-19. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian dan perikanan sebagai sumber daya Provinsi untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat

Meningkatkan insan Sumbar yang unggul dan berdaya saing melalui pembangunan pendidikan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Mewujudkan akses terhadap infrastruktur publik secara adil dan merata berlandaskan ruang ekologi, sosial dan budaya. Terakhir, membangun insan Sumbar yang berakhlak dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

2. Pasangan Calon nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri membawa visi 'Terwujudnya Sumatera Barat unggul untuk semua'.

Misinya diarahkan ke 5 hal yakni memulihkan dan menumbuhkan perekonomian pascapandemi Covid-19 dengan mengembangkan sektor unggulan Pembangunan infrastruktur untuk mobilitas dan konektifitas, Tata kelola pemerintahan yang baik, sinergi dan terintegritas, Meningkatkan sumber daya manusia unggul dan Memperkuat tata kehidupan sosial masyarakat dalam kenormalan baru berlandaskan falsafah ABS - SBK.

3. Pasangan Calon nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar membawa visi 'Mewujudkan Sumbar yang religius, sejahtera, dan bermartabat'.

Misinya diarahkan ke 7 hal yakni, meningkatkan sumber daya manusia dengan menjadikan Sumatera Barat sebagai mercusuar pengembangan ilmu pengetahuan dan pusat pendidikan bergengsi di Indonesia.

Mengembangkan peradaban berdasar nilai-nilai adat dan agama. Mensejahterakan masyarakat berbasis pengembangan pariwisata, yang terintegrasi dengan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Menciptakan keamanan, ketertiban, dan kepastian hukum guna mendukung penanaman modal. Mereformasi birokrasi demi membangun pemerintahan yang melayani dan memberi jalan keluar terhadap masalah serta kebutuhan masyarakat.

Meningkatkan mutu daya saing daerah melalui pembangunan infrastruktur berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dan Membangun ekosistem kreatifitas digital bagi pengembangan talenta kreatif di Sumbar.

4. Pasangan Calon nomor urut 4 Mahyeldi - Audy Joinaldi, membawa visi 'Terwujudnya Sumatera Barat Madani yang unggul dan berkelanjutan'.

Misinya diarahkan ke 7 hal yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, berpengetahuan, terampil dan berdaya saing.

Meningkatkan tata kehidupan sosial kemasyarakatan berdasarkan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Meningkatkan nilai tambah dan produktifitas pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan

Meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/menengah serta ekonomi berbasis digital. Meningkatkan ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan

Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan dan berkelanjutan. Mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, akuntabel serta berkualitas.

Kemudian penyampaian visi dan misi itu disampaikan keempat pasangan calon dalam debat pertama, Senin (23/11/2020) sekitar pukul 22.00 WIB di Stasiun TVRI Sumatera Barat. (*)
 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]