Mulyadi Pada Debat Publik Pertama: Gubernur Itu Jabatan Politik, Meyakinkan Pemerintah Pusat Bukan Pasrah


Selasa, 24 November 2020 - 20:57:37 WIB
Mulyadi Pada Debat Publik Pertama: Gubernur Itu Jabatan Politik, Meyakinkan Pemerintah Pusat Bukan Pasrah Mulyadi Pada Debat Publik Pertama

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mulyadi mencuri perhatian pada Debat Publik Pertama Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020. Salah satu yang menjadi perhatian ialah saat Mulyadi menyebut bahwa gubernur adalah jabatan politik.

Hal tersebut disampaikan Mulyadi saat tanya jawab dengan Nasrul Abit. Mulyadi menyampaikan, sebagai jabatan politik harus mampu meyakinkan pemerintah pusat untuk membantu Sumbar.

Perdebatan tersebut terkait pembangunan jalan dari Solok Selatan ke Pesisir Selatan yang harus bersentuhan dengan kewenangan pusat. Mulyadi menyebut, sebagai pemimpin harus mampu mencarikan solusi, bukan lari dan pasrah.

"Ini harus kita lakukan kerja politik yang cerdas, kita harus yakinkan ini tidak boleh berlama-lama dibiarkan. Itulah fungsi gubernur, meyakinkan pemerintah pusat, bukan hanya pasrah," ucap Mulyadi.

Dalam beberapa kesempatan, Mulyadi juga sering menekankan bahwa pemimpin Sumbar harus mampu menggaet dana pusat. Pasalnya, dana APBD yang terbatas tidak mencukupi dalam membangun Sumbar yang luas.

Ditambah lagi, Sumbar tidak punya tambang yang bisa mendapatkan dana bagi hasil. Sehingga dibutuhkan kemampuan politik pusat sebagai seorang gubernur.

"Gubernur atas nama masyarakat Sumbar bisa meminta kepada pemerintah pusat. Gubernur itu bukan pegawai, tetapi jabatan politik yang bekerja secara politik untuk kepentingan masyarakat Sumbar," jelasnya.

Mulyadi dikenal masyarakat sebagai calon gubernur dengan segudang pengalaman di pusat. Kemampuan Mulyadi di pusat tidak diragukan lagi. Tiga periode di DPR RI, Mulyadi telah membawa tujuh triliun dana pusat untuk membantu pembangunan di Ranah Minang. (*)

Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]