PTBA Boyong Petani dan Peternak Sawahlunto ke Tanjung Enim


Selasa, 24 November 2020 - 21:30:49 WIB
PTBA Boyong Petani dan Peternak Sawahlunto ke Tanjung Enim Mitra Binaan PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin. (Foto: Fadilla Jusman)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - PT. Bukit Asam memboyong 6 petani dan peternak Kota Sawahlunto bertandang ke mitra binaan perusahaan tambang batu bara tertua tersebut, di Tanjung Enim dan Semende, Sumatra Selatan.

Kegiatan yang dibungkus bertajuk On Job Training & Fied Trip Program itu diselenggarakan untuk meningkatkan skill dan memperluas wawasan pengetahuan para petani dan peternak di Sawahlunto, yang menjadi mitra binaan PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin. 

General Manager PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon mengingkapkan keenam petani dan peternak itu dibawa mengunjungi mitra binaan yang telah terlebih dahulu berhasil seperti. Mulai dari pertanian padi di Desa Pagar Dewa Kecamatan Tanjung Agung, pertanian sayur di Desa Danau Gerak Kecamatan Semende Darat Ulu, perkebunan kopi di Desa Pelakat Kecamatan Semende Darat Ulu, hingga kolam ikan suro di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul.

“Di sana nanti para petani dan peternak bisa berkonsultasi dengan para petani dan peternak yang juga menjadi mitra binaan PTBA. Sehingga saling sharing, ini akan menambah skill dan wawasan para petani dan peternak Sawahlunto,” katanya. 

Tidak hanya itu, petani dan peternak juga diberikan kesempatan khusus untuk berkonsultasi langsung dengan jajaran manajemen PT Bukit Asam yang mengelola bina mitra CSR itu sendiri.

Keenam petani dan peternak yang diboyong PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin yakni, Hendri Labuah dari Gapoktan Tani Makmur mewakili petani sawah dengan irigasi di Kecamatan Talawi, Roynaldo dari Gula Semut Lumindai mewakili olahan gula aren di Kecamatan Barangin.

Kemudian dari Desa Sikalang untuk optimalisasi lahan pasca tambang PTBA itu diwakili Ali Hidayat petani terong, Sugianto Muma petani cabe dan Ali Agus petani tomat. Sementara dari Kecamatan Lembah Segar ada Nora Dirganova yang mewakili peternakan unggas ayam pedaging di Desa Kubang Utara Sikabu. 

“Petani dan peternak yang dibawa ini sudah lolos seleksi sehingga bisa kami bawa mengikuti program ini,” kata Yulfaizon. 
Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta sangat mengapresiasi sekaligus berterimakasih pada PT Bukit Asam, atas upaya perusahaan dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan petani dan peternak Sawahlunto. 

“Program yang dilaksanakan PT Bukit Asam tentu akan sangat bermanfaat bagi petani dan peternak, dalam menambah ilmu pengetahuan agar hasil panennya terus meningkat,” kata Deri Asta. 
Deri Asta mengaku, dirinya juga mendorong Dinas Pertanian untuk lebih aktif jemput bola ke lapangan untuk ‘mentransfer’ skill dan wawasan pada petani. (*)

 

Reporter : Fadilla Jusman | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]