Seorang Warga Solsel Diduga Hanyut Sepulang Mangarai Emas


Selasa, 24 November 2020 - 22:45:39 WIB
Seorang Warga Solsel Diduga Hanyut Sepulang Mangarai Emas Ilustrasi

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Satu orang diduga hanyut dialiran sungai Batang Bangko Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Selasa (24/11/2020) sekitar pukul 16.30 WIB. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solsel, Richi Amran saat dihubungi Harianhaluan.com.

"Kami dari BPBD mendapatkan laporan orang diduga hanyut di aliran sungai Batang Bangko, Sangir sekitar pukul 20.08 WIB. Dan menurut keterangan saksi atau rekan korban, kejadian berlangsung sekitar pukul 16.30 WIB," ujar Richi.

Baca Juga : Pencarian Korban Sriwijaya Sj-182 Dihentikan, Proses Identifikasi Tetap Dilanjutkan

Menurutnya, korban yang diduga hanyut tersebut bernama Bambang (37) beralamat di Jorong Sampu, Nagari Lubuk Gadang Utara yang bekerja sebagai pendulang emas tradisional (Mangarai, red).
 
Pihaknya mengatakan, untuk menuju lokasi bisa ditempuh  dengan waktu sekitar tiga jam menggunakan sepeda motor dalam kondisi jalan kering.

"Kondisi cuaca saat ini hujan dan debit air sungai cukup tinggi. Dari informasi saksi Doni (37), korban yang diduga hanyut bersama rekannya menyeberang sungai dengan arus cukup deras menuju rumah selepas "Mangarai" emas. Mereka menyeberangi sungai menggunakan pelampung buatan dari plastik," katanya.

Baca Juga : Lagi, KA Sibinuang Seruduk Satu Unit Sepeda Motor di Lubuk Buaya Padang

Kemudian, belum sampai diseberang sungai pelampung plastik yang digunakan Bambang tertabrak gelondongan kayu sehingga bocor dan menyebabkan korban hanyut.

"Info dari rekan korban, mereka sekitar setengah jam melakukan pencarian terhadap Bambang namun hanya menemukan tas perbekalan milik korban," katanya.

Baca Juga : Berikut Data Sementara Kerusakan Akibat Gempa di Talaud

Richi mengatakan, pihak BPBD Solsel telah melakukan identifikasi kepada pihak keluarga korban yang diduga hanyut dan saksi. "Pihak keluarga mengakui. Dikarenakan curah hujan cukup tinggi ditambah akses menuju lokasi cukup jauh sehingga kemungkinan pencarian akan dilakukan bersama dengan tim Basarnas kantor Padang. "Tadi, BPBD Solsel telah menghubungi Basarnas kantor Padang dan telah persiapan menuju Solsel," tuturnya.

Terpisah, Kepala Jorong Sampu, Hendra mengatakan bahwa saat ini warga bersama pihak pemerintahan nagari tengah melakukan koordinasi bersama dengan pihak-pihak terkait dan saksi-saksi.

Baca Juga : Seorang Bandar Narkoba Ditembak Mati

"Kemungkinan pencarian akan dilakukan besok pagi karena kondisi cuaca malam ini tidak memungkinkan dilakukan pencarian. Dalam cuaca hujan, lebih tiga jam perjalanan ke lokasi," katanya.

Hendra mengatakan, Bambang biasanya bekerja sebagai petani namun baru-baru ini mencoba pekerjaan Mangarai emas. "Dulu sebelum menetap di Sampu, ia bekerja di kabupaten Bungo, Jambi," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]