Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr Wajib Dibatalkan, Ini Alasan Dokter


Rabu, 25 November 2020 - 07:04:18 WIB
Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr Wajib Dibatalkan, Ini Alasan Dokter Duel Mike Tyson melawan Roy Jones Jr wajib dibatalkan

NEW YORK, HARIANHALUAN.COM – Duel Mike Tyson melawan Roy Jones Jr tinggal tiga hari lagi. Dokter olahraga ternama, Walter Wagner, ikut memberikan komentar soal pertarungan ekshibisi antara Tyson melawan Jones Jr. Ya, Wagner menyarankan duel tersebut dibatalkan, lantaran terlalu berisiko terhadap kondisi fisik Tyson dan Jones Jr.

Sebagaimana diketahui, Tyson dan Jones Jr. memang tengah mempersiapkan untuk menggelar pertarungan ekshibisi. Duel tersebut pun sendiri bakal berlangsung di Staples Center, Los Angeles pada 28 November 2020, dan akan berlangsung selama delapan ronde.

Pertarungan antara Tyson melawan Jones Jr. sendiri memang sudah mendapatkan izin digelar oleh Komisi Atletik Negara Bagian California (CSAC). Namun dengan catatan bahwa pertarungan berpotensi dihentikan apabila salah satu dari Tyson atau Jones Jr. mengalami cedera yang parah.

Dengan adanya aturan tersebut memang disayangkan oleh beberapa pecinta tinju. Pasalnya, aturan tersebut membuat banyak pihak meragukan bahwa pertarungan antara Tyson melawan Jones Jr. bakal berlangsung sengit.

Kondisi tersebut juga membuat kans Tyson atau Jones Jr. bakal beradu pukulan hingga salah satunya terjatuh. Aturan tersebut sebenarnya mendapatkan kritikan dari banyak pihak, terutama kedua petinju yang bakal bertarung tersebut.

Meski bakal dipantau dengan sangat ketat, duel antara Tyson melawan Jones Jr. masih berpotensi besar menghadirkan hal-hal yang ditakutkan terjadi. Maka dari itu, Wagner pun meminta agar pihat bertanggung jawab memikirkan kembali keputusan mereka menggelar pertarungan ini.

“Apabila petinju tidak melakukan tindakan bersama-sama, kerusakan serius dapat terjadi. Saya tidak memberikan lisensi kepada salah satu dari mereka pada usia 40 tahun,” jelas Wagner, sebagaimana dilaporkan oleh Boxingscene, Rabu (25/11/2020).

“Seiring bertambahnya usia, hal-hal ini terus menurun. Refleks dan reaksi melambat, bahkan jika tidak disadari. Dari sudut pandang medis, pertarungan comeback antara Tyson melawan Jones harus dibatalkan,” sambungnya.

“Pada usia Tyson, tinju umumnya terlalu berbahaya bagi mereka. Meskipun dia terlihat sangat fit dalam video saat latihan. Namun ketika berada di atas ring dan berhadapan dengan lawan, maka kondisinya bakal sangat berbeda,” imbuh Wagner.

Sementara itu, meski hanya bertajuk ekshibisi, pertarungan antara Tyson melawan Jones Jr. sejatinya bakal memperebutkan titel. Ya, titel bernama WBC Frontline Battle Belt bakal jadi sabuk yang bakal diperebutkan oleh Tyson dan Jones Jr.

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]