Apakah Instruksi Mendagri Sudah Tepat? Prof Gayus Lumbuun: Kita Kembalikan Ke Masyarakat


Rabu, 25 November 2020 - 13:40:43 WIB
Apakah Instruksi Mendagri Sudah Tepat? Prof Gayus Lumbuun: Kita Kembalikan Ke Masyarakat Prof Gayus Lumbuun

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mantan Hakim Agung RI, Prof Gayus Lumbuun memberikan pendapatnya di acara Indonesia Lawyers Club pada Selasa (24/11) malam mengenai instruksi Mendagri yang menyatakan sanksi pencopotan kepala daerah yang lalai dalam menegakan prokes. Kata dia, jika peristiwa hukum masih dikaitkan dengan aturan-aturan khusus lainnya.

"Kalau gubernur diberhentikan dengan hal-hal yang lain itu sangat mungkin dan itu bisa. Tapi jika disangkutkan dengan UU Nomor 23 Tahun 2004 jelas diatur mengenai pemberhentian ini," katanya.

Baca Juga : Sepekan Seusai Divaksin Sinovac, Bupati Ini Positif Covid-19

Prof Gayus Lumbuun melanjutkan, mengenai proses pemberhentian memang harus melalui DPRD dan selanjutnya. Kemudian, ia juga mengatakan ada dua bagian yaitu pemberhentian sementara atau pemberhentian tetap. Kata dia, memang dalam memilih kedua hal tersebut harus dilakukan dengan langkah yang benar dengan pemikiran dari penasihat hukum yang baik.

"Pilihan ini harus hati-hati. Secara superior tentu ada di tangan presiden, Mendagri itu bahawan yang memegang delegasi kewenangan. Menurut saya memang tidak ada yang salah dengan instruksi tersebut," katanya.

Baca Juga : Waduh! Menkes Sebut Testing Corona di RI Salah, Maksudnya Gimana?

Artinya, jika disangkutkan dengan situasi sekarang ini menurut Gayus, rakyat lah yang saat ini boleh bersuara. Menurutnya, rakyat lah yang harus menilai apakah instruksi yang dikeluarkan Mendagri tersebut sudah tepat atau tidak. Kemudian, dalam pengambilan keputusan juga tidak boleh dilakukan secara sepihak saja.

"Jangan ada kepentingan politik di sana, suara rakyatlah yang harus di dengar. Ini pilihan sebagai negara hukum tapi ingat dengarkan suara rakyat," tutupnya.(*)

Baca Juga : PPATK: Penerapan UU Pencucian Uang Butuh Dukungan Hakim

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]