Lebih Pro Kekinian, Sutan Riska Layak Jadi Pilihan Milenial Dharmasraya


Rabu, 25 November 2020 - 17:01:43 WIB
Lebih Pro Kekinian, Sutan Riska Layak Jadi Pilihan Milenial Dharmasraya Calon Bupati Dharmasraya Nomor Urut 2, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam sebuah kegiatan temu ramah bersama masyarakat daerah itu, baru-baru ini.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Menjadi generasi muda atau milenial yang memiliki karakteristik ABS-SBK, punya keahlian dan tingkat sumber daya manusia berdaya saing untuk mendapatkan peluang menjadi manusia produktif dan tangguh, adalah sebuah cita-cita setiap anak bangsa dan tantangan berat setiap pemimpin termasuk di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. 

Ungkapan itu sering disampaikan oleh Calon Bupati Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di beberapa kesempatan kegiatan tatap muka bersama masyarakat daerah itu, jelang pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2020, pada 09 Desember 2020.

Menurutnya, dalam menjawab semua tantangan kedepan khususnya bagi para generasi muda sepertinya, tak cukup hanya bermodalkan ijazah formal semata, melainkan harus dibekali kemampuan yang mumpuni guna memenangkan persaingan meraih kesempatan bekerja, berkarir dan berusaha. 

Dengan memperhatikan aspek tersebut, sejumlah program dan kebijakan telah ia coba lahirkan pada masa kepemimpinan periode pertamanya yang merupakan tonggak untuk membangun peluang dan semangat generasi muda daerah itu demi menjawab tantangan kedepan yang semakin berat. 

"Disamping meningkatkan kualitas pendidikan formal, sektor non formal dan informal juga menjadi perhatian saya untuk dikembangkan," Ulasnya dalam sejumlah kesempatan. 

Salah satunya menurut pemimpin dengan predikat sebagai bupati termuda itu, adalah bagaimana basis keilmuan yang diperoleh itu bisa diterapkan dengan instan tanpa harus menunggu bisa bekerja di tempat lain demi mendapatkan predikat pengalaman kerja semata. 

Guna mewujudkan semua itu, ia pun telah mengupayakan pembangunan dan pengoperasian Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Logam melalui pihak Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, guna memudahkan daerah untuk melakukan pembinaan lebih lanjut pada sentra yang terpusat dalam satu lokasi. 

"Selain itu fasilitas yang telah selesai dibangun di kawasan pinggir jalan lintas Sumatera di Gunung Medan itu, juga memiliki peran strategis dalam meningkatkan kapasitas produksi melalui penambahan atau peningkatan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh sentra IKM yang tidak dapat direalisasikan oleh APBD, " Jelasnya. 

Manfaat lainnya, yakni terjadi peningkatan lapangan kerja terkait dengan peningkatan kapasitas dan penguatan kelembagaan sentra IKM, serta peningkatan daya saing produk melalui perbaikan kemasan dan alih teknologi produksi.

"Dengan kata lain keberadaan fasilitas industri terpadu tersebut akan berimbas positif bagi kalangan generasi muda Dharmasraya dan sekaligus memicu efek saling ketergantungan dengan usaha lainnya yang membutuhkan fasilitas perbengkelan serta suku cadang seperti alat mesin pertanian dan lain sebagainya, " Ulasnya. 

Pada periode keduanya nanti jika terpilih kembali, Sutan Riska kembali mengusung program yang lebih kekinian untuk dipersembahkan khusus bagi generasi muda daerah itu, menurutnya pembangunan sarana Rumah Digital adalah salah satunya yang diyakini aktifitasnya sangat dekat dengan prilaku keseharian kaum milenial. 

Tak seperti anggapan sebagian masyarakat yang skeptis dengan perkembangan zaman dan menganggap program itu hanyalah sebuah layanan penyedia internet gratisan yang miskin manfaat, ternyata Rumah Digital yang digagas Sutan Riska memiliki lompatan jauh ke depan bagi perkembangan dan penguatan kualitas milenial Dharmasraya. 

Menurut Sutan Riska, Program Rumah Digital adalah bentuk implementasi rangkaian pelatihan berbasis Iptek dan digitalisasi untuk menggeliatkan usaha masyarakat khususnya generasi muda, agar lebih berdaya saing dengan ketersediaan pasar yang luas. 

"Posisi Dharmasraya yang berada dikawasan perlintasan antar wilayah provinsi adalah sebuah keuntungan sekaligus tantangan karena berada cukup jauh dari pusat-pusat ekonomi perkotaan yang lebih bergerak dinamis dan modern, " Jelasnya. 

Bagi kalangan generasi muda yang menginginkan daerahnya berkembang dan maju, tentu sangat membutuhkan ketersediaan akses yang memadai untuk membangun potensi diri agar bisa menjadi generasi produktif sehingga upaya membuka isolasi jarak dan waktu menjadi penting dan mendesak dilaksanakan. 

Ia mengatakan, sebagai daerah yang secara pendapatan per kapita termasuk tinggi Dharmasraya membutuhkan daya kreasi dan inovasi yang justru kekuatan utamanya ada pada generasi muda, jika kekuatan itu bisa terbangun maka efeknya akan sangat luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

Menurutnya, pada Program Rumah Digital itu nantinya akan dikembangkan basis keilmuan membangun usaha secara mandiri dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet, seperti toko online, content creator, reksadana atau trading saham, mata uang dan komoditi unggulan, dan lain sebagainya. 

Karena, sudah banyak bukti nyata raihan kesuksesan bagi para kaum milenial dengan tingkat pendapatan yang jauh diatas rata-rata jika dibandingkan dengan bekerja sebagai pegawai biasa. 

"Bahkan tak menutup kemungkinan bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan pun bisa menekuni salah satu bidang usaha tersebut sebagai pasive income, " Ujarnya. 

Muaranya nanti, kekuatan ekonomi berbasis daring tersebut efeknya akan sangat nyata sekali terhadap peningkatan sirkulasi pada tingkat lokal akibat terjadinya interaksi pelaku usaha melalui perputaran uang melalui barang dan jasa.

Sehingga pada akhirnya akan muncul generasi ekonomi baru yang dimotori anak-anak muda dengan kemasan usaha yang dikelola lebih profesional dan modern dengan tingkat pendapatan yang tinggi dan mampu menjadi klaster serapan tenaga kerja produktif di lingkungan masing-masing. 

"Dengan begitu kebanggaan menjadi generasi muda Dharmasraya akan lebih menggelora karena individunya sudah bergerak menuju pembaharuan di segala bidang dan meninggalkan paradigma lama bernuansa pembodohan publik yang diciptakan kelompok tertentu demi meraih kekuasan dan kepentingan individu serta kelompok semata, " tutupnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]