Jika Terpilih, Mulyadi Janji Ikut Sertakan Ninik Mamak Dalam Keputusan Strategis


Rabu, 25 November 2020 - 17:02:55 WIB
Jika Terpilih, Mulyadi Janji Ikut Sertakan Ninik Mamak Dalam Keputusan Strategis Cagub Nomor Unit 1, Mulyadi

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Jika terpilih sebagai Gubernur Sumatera Barat, Mulyadi dari calon nomor urut 1 janjikan akan mengajak Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau (LKAAM) dalam memutuskan peran strategis disetiap kebijakan pemerintah.

Hal itu sampaikan Mulyadi ketika melakukan pertemuan bersama LKAAM Sumbar serta tiga Cagub dan Cawagub lainnya. Pada kesempatan itu, ia menyebutkan bahwa pemerintah juga memiliki batasan-batasan.m sehingga perlu melibatkan niniek mamak.

Baca Juga : Miko Kamal: Paslon Terlambat Laporkan Dana Kampanye Tapi Tidak Didiskualifikasi, Makanya Kami Serahkan ke MK

"Kita sedang memperjuangkan hal ini, dimana niniek mamak juga memiliki peran yang sangat penting pada suatu kebijakan, sehingga peran maayarakat adat menjadi salah satu kunci untuk kemajuan Sumbar," sebutnya.

Terkait akan melibatkan niniek mamak, Mulyadi juga menyebutkan bahwa niniek mamak tidak begitu dihargai oleh pemuda-pemudi. Mungkin hal itu disebabkan karena degradasi, sehingga niniek tidak dihargai dan tidak memiliki peran dalam nagari.

Baca Juga : Sama Seperti Asrinaldi, Miko Kamal Juga Sebut MK Wajib Periksa Gugatan Perkara Paslon Pilkada Sumbar

"Dulu, mamak sangat ditakutkan dibanding polisi. Penjara tidak membuat jera dalam melakukan tindak pidana, sehingga sangat diperlukan peran niniek mamak yang akan memberikan kebijakan terhadap anak kemenakannya," terangnya lagi.

Selain itu, sebagai bentuk upayanya untuk mengikutsertakan niniek mamak, ia pun menjanjikan akan menyediakan balai adat nagari diseluruh Sumbar, agar sarana niniek mamak ada tempat yang digunakan untuk bermusyawarah.

Baca Juga : Sekitar 80 Barang Bukti Dihadirkan Kuasa Hukum Paslon Hendrajoni-Hamdanus di Sidang MK

"Menjadi catatan bagi kita, akan mengupayakan untuk kembali mengaktifkan mata pelajaran Budaya Alat Minang Kabau (BAM), agar anak-anak bisa mengetahui asalnya darimana," tutupnya. (*)

 

Baca Juga : Jelang Sidang MK, NA-IC Sebut Hadirkan 10 Saksi, Dua Diantaranya Ahli

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]