Pengungsi Rohingya Hilang, UNHCR Harus Tanggung Jawab


Rabu, 25 November 2020 - 20:01:52 WIB
Pengungsi Rohingya Hilang, UNHCR Harus Tanggung Jawab Pengungsi Rohingya di Aceh. NET

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Kaburnya puluhan pengungsi Rohingya dari penampungan sementara, dinilai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Rohingya Ridwan Jalil akibat kelalaian dari lembaga PBB untuk pengungsian atau UNHCR.

"Kaburnya pengungsi Rohingya di Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe merupakan mutlak kesalahan dari UNHCR. Sebagai penanggungjawab kamp seharusnya UNHCR memberikan informasi tersebut ke tim Satgas, jangan malah pura-pura tidak tahu,"kata Ridwan Jalil di Lhokseumawe, Rabu (25/11).

Menurutnya, UNHCR sejauh tidak menjalankan tugas yang sesuai dengan mandatnya dalam penanganan pengungsi Rohingya. Sehingga kapabilitas kemampuan UNHCR dalam menangani warga imigran gelap tersebut patut dipertanyakan.

"Kami selalu membicarakan hal ini kepada UNHCR namun tidak pernah ditanggapi. Tidak ada alasan untuk ketergantungan kepada pemerintah terkait penanganan pengungsi Rohingya. Itu sudah tugas UNHCR, pemerintah hanya memfasilitasi dan memberikan penampungan sementara saja,"katanya.

"Tidak ada regulasinya bahwa UNHCR harus ketergantungan kepada pemerintah menyangkut ketidakcukupan anggaran dalam menangani pengungsi Rohingya. Yang sudah jelas sesuai dengan mandatnya bahwa yang mengurus pengungsi itu adalah UNHCR,"katanya lagi.

Ia menambahkan, dalam beberapa kesempatan, dirinya telah berkoodinasi dengan UNHCR dan tim Satgas Nasional terkait keprofesionalan petugas UNHCR di lapangan dalam melaksanakan mandatnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena mengingat petugas lembaga PBB untuk pengungsian tersebut kerap tidak berada ditempat pengungsian Rohingya.(*)

Baca Juga : Lebih dari 132 Ribu Tenaga Kesehatan Sudah Divaksinasi Covid-19

Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]