NA-IC Bertekad Menjaga dan Meningkatkan Peran Ninik Mamak di Sumbar


Rabu, 25 November 2020 - 20:09:44 WIB
NA-IC Bertekad Menjaga dan Meningkatkan Peran Ninik Mamak di Sumbar Tim sukses Cagub dan Cawagub Sumatera Barat NA-IC, Budi Syukur

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jika dipercaya memimpin Sumatera Barat untuk lima tahun kedepan, calon Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit-Indra Catri bertekad mempertahankan budaya adat Minangkabau supaya tidak luntur.

"Jika pak NA-IC terpilih, budaya adat Minangkabau menjadi prioritas supaya tidak luntur dengan cara menjaga dan meningkatkan peran niniek mamak," ujar Budi Syukur sebagai tim sukses yang mewakili paslon NA-IC menghadiri undangan silaturrahmi LKAAM Sumbar, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga : Tak Ada Gugatan Hasil Pilkada, KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok

Menurutnya, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah merupakan tiangnya Sumatera Barat yang merupakan orang Minangkabau. Kemudian terdiri dari banyak suku dan mempunyai adat masing-masing yang harus dijaga kerukunannya.

"Semua itu dibawah payung LKAAM. Artinya, pemerintah harus hadir untuk membina LKAAM tidak dalam konsep saja, melanin juga dijadikan mitranya pemerintah," sebut Budi.

Baca Juga : Sujud Syukur Usai Penetapan oleh KPU Pasbar, Ini Janji Paslon Pemenang Pilkada Pasbar 2020

Bentuk peduli Narsul Abit terhadap orang Minangkabau, kata dia, ketika terjadi penganiayaan terhadap orang Minangkabau di Wamena pada beberapa waktu lalu. "Mendengar hal itu bergetar hatinya dan dengan bertaruh nyawa beliau pergi kesana untuk menyelamatkan orang minang di sana," terangnya. (*)
 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]