MotoGP 2021 Diprediksi Ada 18 Balapan, Dorna Sports: Semoga Tahun Depan Normal


Kamis, 26 November 2020 - 01:28:29 WIB
MotoGP 2021 Diprediksi Ada 18 Balapan, Dorna Sports: Semoga Tahun Depan Normal MotoGP.

MOTOGP, HARIANHALUAN.COM - Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports telah membocorkan rencana pagelaran MotoGP 2021. Dalam sebuah kesempatan dia mengatakan, balapan tahun depan kemungkinan bakal berlangsung 18 seri yang akan dimulai pada 18 Maret hingga November. Tahun ini, Dorna Sports sempat dibuat repot dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menghantam negara tuan rumah balapan MotoGP. 

Meskipun jadwal balapan sempat molor, namun Ezpeleta beserta beberapa pihak lainnya berhasil merampungkan 14 seri balapan tanpa mengalami kendala. "Awalnya banyak yang bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Kemudian Anda harus bereaksi terhadap situasi dan berbicara dengan semua orang," ungkap Ezpeleta dikutip dari Sindonews, Rabu (25/11/2020).

Untungnya, kata Ezpeleta, tim dan pembalap memiliki niat yang kuat untuk sama-sama menjalankan kejuaraan grand prix dengan baik. Mulai dari balapan yang hanya digelar di beberapa tempat di Eropa, aturan mengenai protokol kesehatan, hingga subsidi tim. Kendati banyak tahapan dibatalkan atas perintah pemerintah masing-masing atau kesulitan manajemen. Namun, terlepas dari upaya tersebut, beberapa orang mempertanyakan definisi Kejuaraan Dunia untuk musim MotoGP. 

"Mereka tidak tahu apa yang mereka katakan, itu tidak layak dijawab. Kejuaraan Dunia grand prix keluar dari Eropa pada 1980-an. Jadi, sampai saat itu, mereka bukan kejuaraan dunia? Selama bertahun-tahun, satu-satunya ras non-Eropa ada di Jepang. Dan pada tahun 1993 kami memiliki 13 acara. Selain itu, kejuaraan Dunia baik atau buruk bagi mereka yang berpartisipasi, tidak tergantung di mana Anda membalap. Ini adalah hal-hal yang dikatakan orang yang tidak ada di sini," tegas Ezpeleta.

Melihat keberhasilan itu, Dorna Sports mulai menyiapkan tahun kalender MotoGP 2021. Dengan vaksin yang akan tersedia, ia berharap balapan bakal berlangsung normal tahun depan. Dia yakin pihaknya akan melakukan setidaknya 18 balapan pada 2021 dan masih berupaya menggelar dua seri balapan dalam satu tempat, mungkin akan dimulai dari Maret hingga November. 

"Jika tidak bencana lain tidak terjadi, yang tidak dapat dikesampingkan dalam situasi langka ini, kejuaraan Dunia grand prix tahun depan akan jauh lebih normal dari yang ini," tutup Ezpeleta. (*)

Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]