Mulyadi: Niniak Mamak Adalah Kekuatan Riil di Tengah Masyarakat


Kamis, 26 November 2020 - 09:49:29 WIB
Mulyadi: Niniak Mamak Adalah Kekuatan Riil di Tengah Masyarakat Mulyadi

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mulyadi menyebut bahwa niniak mamak adalah kekuatan riil yang ada di tengah masyarakat Minangkabau. Hal itu disampaikan Mulyadi saat memenuhi undangan silaturahmi dan 'Makan Bajamba' Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

Hadir langsung memenuhi undangan tersebut sebagai bentuk penghormatan Mulyadi kepada para tokoh adat atau niniak mamak. Acara langsung dipimpin oleh Ketua LKAAM M. Sayuti Dt. Rajo Panghulu di Kantor LKAAM, Padang, Rabu (25/11/2020)

Baca Juga : Tak Ada Gugatan Hasil Pilkada, KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok

Mulyadi mengatakan, filosofi masyarakat Minangkabau Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) merupakan filosofi yang sangat tinggi. Karena didalamnya juga sudah diatur peran masing-masing kekuatan yang terdapat dalam Tungku Tigo Sajarangan, dimana salah satunya ialah niniak mamak.

"Filosofi ini sangat tinggi. Tidak ada jalan lain bagi kita untuk tidak memerankan kekuatan riil yang ada di tengah masyarakat kita yaitu niniak mamak," tegas Mulyadi.

Baca Juga : Sujud Syukur Usai Penetapan oleh KPU Pasbar, Ini Janji Paslon Pemenang Pilkada Pasbar 2020

Di hadapan para niniak mamak, Mulyadi mengenang masa kecil bagaimana dirinya begitu menghormati niniak mamak. Namun, menurut dia hari ini ada semacam nilai-nilai yang luntur sehingga peran niniak mamak seperti tidak sentral lagi.

"Dulu waktu ambo ketek-ketek takuik bana jo mamak ambo, tapi sekarang kita mengalami degradasi, bahkan ada yang tidak segan kepada niniak mamak," ucapnya.

Baca Juga : KPU Pasbar Tetapkan Hamsuardi dan Risnawanto Pemenang Pilkada 2020

Hal itu terjadi menurut Mulyadi dikarenakan kurangnya perhatian pemerintah kepada niniak mamak. Pemerintah menurut dia seharusnya bertanggungjawab untuk penguatan peran niniak mamak.

Dia menyampaikan, pada saat berkeliling menyerap aspirasi masyarakat, tak jarang para niniak mamak mengeluhkan hal yang sama. Dia berharap kedepan tidak akan terjadi lagi hal demikian

Baca Juga : Siap-siap! 35 Sengketa Pilkada Mulai Disidangkan di MK pada 26 Januari

"Memang niniak mamak kita kurang diperhatikan pada saat ini, bahkan saya pernah waktu sosialisasi ada niniak mamak yang bicara sama saya,"Pak Mul, kini niniak mamak ko antaro ado jo indak"," ujar Mulyadi.

Mulyadi dan Ali Mukhni berkomitmen memperkuat peran niniak mamak. Salah satu yany sedang digagas ialah penyediaan balai adat di setiap nagari tempat niniak mamak duduk bersama memutuskan persoalan di tengah masyarakat. (*)

Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]