Guru IPA Pesisir Selatan Optimalkan Penggunaan KIT IPA SMP sebagai Penunjang Pembelajaran Saintifik


Kamis, 26 November 2020 - 11:01:44 WIB
Guru IPA Pesisir Selatan Optimalkan Penggunaan KIT IPA SMP sebagai Penunjang Pembelajaran Saintifik Tim dosen Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan pelatihan optimalisasi penggunaan KIT IPA bagi guru-guru IPA di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dalam upaya memperoleh hasil belajar peserta didik yang maksimal dalam pembelajaran IPA diperlukan kreativitas seorang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran IPA. Kepiawaian dan kewibawaan guru sangat menentukan keberlangsungan proses belajar di kelas maupun efeknya di luar kelas.

Ada beberapa hal yang membentuk kewibawaan guru dalam mengajar, salah satunya yaitu media pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa. Media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran IPA salah satunya pembelajaran menggunakan media KIT IPA.

Baca Juga : AN Berbeda dengan UN Ya, Ini Penjelasan Kemendikbud

Media KIT IPA sendiri sangat mumpuni untuk menunjang pembelajaran IPA, karena di dalam KIT IPA terdapat berbagai macam alat untuk siswa melakukan praktikum agar memperoleh hasil dan pengalaman belajar secara nyata sehingga mereka tidak mudah lupa mengenai materi tersebut serta tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Keoptimalan alat peraga tergantung pada bagaimana pengajar memanfaatkan alat itu. Alat yang bagaimanapun baiknya akan kurang bermanfaat bagi peserta didik, jika pengajar tidak tahu bagaimana cara memanfaatkan alat itu untuk meningkatkan kompetensi peserta didik seoptimal mungkin.

Baca Juga : Penerimaan Mahasiswa Baru, Politeknik Negeri Padang Sediakan 25 Prodi

Oleh sebab itu perlu rasanya memberikan pelatihan kepada guru IPA bagaimana menggunakan KIT IPA ini dengan baik. Tim dosen Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan pelatihan optimalisasi penggunaan KIT IPA bagi guru-guru IPA di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai PNBP UNP Tahun 2020.

Ketua Tim PKM UNP, Wahyuni Satria Dewi, M.Pd, didampingi anggota Mairizwan, M.Si dan Renol Afrizon, M.Pd mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru IPA dalam menggunakan media KIT IPA dan merancang IPA sesuai pembelajaran saintifik yang ditegaskan dalam Kurikulum 2013.

Baca Juga : Jalur SNMPN-SNMPTN, Politeknik Negeri Padang Sediakan 1.700 Kuota Mahasiswa Baru

Lebih lanjut tim PKM mengatakan bahwa alat peraga dan KIT IPA diperlukan dalam mengajar IPA, karena pada pembelajaran IPA di SMP siswa mesti belajar secara konkret, melalui benda nyata yang dapat dilihat, dipegang, dirangkai atau diutak atik oleh siswa, sehingga kemampuan psikomotor dan afektif siswa juga bisa dikembangkan.

Tersedianya alat peraga KIT IPA disekolah tidak serta merta dapat mewujudkan pembelajaran IPA yang berkualitas, tanpa disertai dengan kompetensi yang memadai dari guru dan peserta didik sebagai pengguna. Kegiatan pelatihan bagi guru IPA MGMP Kabupaten Pesisir Selatan ini dibuka langsung oleh Kepala SMPN 1 Koto XI Tarusan Gusman, M.Pd selaku tuan rumah dalam pelaksanaan pelatihan ini.

Baca Juga : Soal Kisruh Siswi Nonmuslim Wajib Pakai Jilbab, Disdik Sumbar Minta Semua Pihak Tidak Terprovokasi

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua MGMP IPA Rayon I Kabupaten Pesisir Selatan Ibu Silvia Handayani, S.Si, M.Pd, dan guru yang tergabung dalam MGMP Kabupaten Pesisir Selatan. Walaupun kegiatan pelatihan dilakukan di tengah masa pandemic Covid-19 ini, namun guru-guru IPA yang tercakup dalam MGMP IPA Kabupaten Pesisir Selatan sangat serius dan bersemangat mengikuti pelatihan.

Pelatihan ini memperoleh izin dari berbagai pihak terkait karena selama pelaksanaannya tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan faceshield (pelindung muka), menyediakan hand sanitizer di ruangan pelatihan untuk digunakan sesering mungkin dan tidak lupa tetap mengatur jarak sesama peserta dan tim.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]