Menjadi Peserta BPJS Mengurangi Beban Ekonomi Kepala Keluarga


Kamis, 26 November 2020 - 11:21:35 WIB
Menjadi Peserta BPJS Mengurangi Beban Ekonomi Kepala Keluarga Gusnadi

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, memang dirasakan manfaatnya oleh Gusnadi Winata, warga Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Tak hanya dirinya saja terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, tetapi seluruh anggota keluarga yang tertera di Kartu Keluarganya ikut terdaftar.

“Manfaat sebagai peserta BPJS Kesehatan ini sangat banyak,” terang Gusnadi, kepala keluarga yang beralamat di Jalan Jambu nomor 6, RT 002, RW 002, Kubu Gadang tersebut. Salah satu manfaat yang dirasakannya yaitu mampu mengurangi beban ekonomi setiap kali berobat dengan memanfaatkan BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Ahli Epidemiologi: Kesuksesan Vaksinasi Tahap Pertama Jadi Tolak Ukur Pelaksaan Selanjutnya

Diceritakannya, istri dari pria yang berprofesi sebagai guru honorer di salah satu sekolah kawasan Kota Payakumbuh pernah mengalami sakit yaitu ketika umur rumah tangga mereka baru berjalan tiga bulan. 

Istrinya sempat mengalami gangguan pada kandungan sehingga dokter lebih menyarankan untuk dilakukan kuret kandungan kepada istri tercintanya. “Saya hanya sebagai guru honorer, tahulah berapa penghasilan setiap bulannya. Saat dokter menyarankan untuk kuret, sudah terbayang berapa biaya yang harus dikeluarkan,” terangnya.

Baca Juga : 28 Formasi CPNS Sumbar Masih Kosong, Dokter Spesialis Terbanyak

Karena sudah terdaftar sebagai peserta BPJS, sehingga pria 35 tahun itu, tidak panik untuk masalah biaya. Gusnadi pun langsung mengurus administrasi sebagai perlengkapan dengan memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan.

“Ini untungnya, beban suami terhadap biaya pengobatan istri pun terkurangi. Kalau tidak, mungkin saat itu saya bisa stress untuk memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Biayanya pun sampai jutaan rupiah,” ucap Gusnadi.

Baca Juga : Heboh Siswa Pakai Jilbab di Padang! Bundo Kanduang: Minang Tak Pernah Terjadi Konflik, Sudahi Pertikaian dan Jangan Diperuncing Lagi

Manfaat sebagai peserta BPJS Kesehatan, bukan kali itu saja dirasakan oleh Gusnadi. Beberapa bulan yang lalu, istrinya yang hanya sebagai ibu rumah tangga, sempat mengalami gejala asam lambung dan harus dirawat di rumah sakit.

Dirinya pun langsung mengurus perlengkapan untuk memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan dengan meminta rujukan ke Puskesmas. “Prosesnya cepat dan mudah. Istri saya nyaman untuk berobat,” katanya lagi.

Baca Juga : Atap Pasar Produksi Blok C Kota Pariaman Ditumbuhi Rumput Liar

Dijelaskan Gusnadi, istrinya sempat menjalankan perawatan hingga berhari-hari di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Payakumbuh. Karena sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, Gusnadi pun tidak pikir panjang lagi harus mencarikan uang untuk biaya pengobatan istrinya.

Kemudian, menurut Gusnadi, dari segi pelayanan, dengan memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan, tim medis tetap melayani dengan baik dan peralatan sesuai dengan kategori kepesertaaan BPJS Kesehatan. “Istri saya, adalah peserta BPJS yang ditanggung oleh pemerintah atau sebagai pemegang Kartu Indonesia Sehat. “Terimakasih BPJS Kesehatan, terimakasih pemerintah,” tutup Gusnadi. (*)

Reporter : Dadang Esmana | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]