Mantap, Politeknik Negeri Padang Juara Umum BATC 2020


Kamis, 26 November 2020 - 14:12:52 WIB
Mantap, Politeknik Negeri Padang Juara Umum BATC 2020 PNP.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) didaulat sebagai Juara Umum masing-masing untuk kategori SMK dan perguruan tinggi dalam Business Administration Tourism Competition (BATC) 2020.

Kompetisi yang ditutup secara resmi oleh Wakil Direktur 3, Junaldi, memperebutkan 10 cabang lomba, Business Presentation, Master of Ceremony, Business Plan Contest, Secretary Contest, Filling Competition, Petty Cash, Tour Package, Tour Guiding, Tourism Video Contest, dan Tourism Creative Writing.

Baca Juga : Jangan Ragu Kuliah di PNP, Prodi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesionalnya Keren

Ketua Panitia Pelaksana, Alfatah Harries merinci, Juara 1 lomba Business Presentation Sekolah Menengah Kejuruan dimenangkan oleh Jamil Ahwali dari SMKN 2 Bukittinggi, Juara 2 diraih oleh Sierly Ananta Apriliana dari SMKN 2 Bukittinggi, dan Juara 3 diraih oleh Dhelvia Alivanda Virsa dari SMKN 2 Bukittinggi.

Juara 1 untuk cabang Filling Competition Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan diraih oleh Novita Aulia dari  SMK Plus Berbasis Pesantren BNM, Tanjung Mutiara, Agam, disusul oleh Juara 2, Qalbi Zikra Insani dari SMKN 2 Bukittinggi, dan Juara 3, Dimas Arya Wijaksono dari SMKN 1 Pasaman.

Baca Juga : Mantap! Pemprov Riau Sediakan Beasiswa Ratusan Miliar untuk Mahasiswa Berprestasi dan Penghafal Quran

Dalam cabang Tourism Creative Writing Sekolah Menengah Kejuruan, Ponzi Ana Awal dari SMKN 1 Padang Panjang berhasil mendapatkan Juara 1. Sementara Juara 1 dari cabang Business Plan Sekolah Menengah Kejuruan diraih oleh Nurul As-Syifa Hayati, dkk.

Dari SMK Plus Berbasis Pesantren BNM,Tanjung Mutiara, Agam. Untuk cabang lomba Master of Ceremony Sekolah Menengah Kejuruan, Juara 1 diraih oleh Riska Wulandari dari SMK Plus Berbasis Pesantren BNM Tanjung Mutiara, Agam, Juara 2 diraih oleh Agnes Oktaviona dari SMKN 2 Bukittinggi, disusul oleh Laura Febrian dari SMKN 2 Bukittinggi.

Baca Juga : TK Unggul Terpadu Padang Pariaman Adakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan

Petty Cash Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan diraih oleh  M. Haidar Abdillah dari SMK Plus Berbasis Pesantren BNM Tanjung Mutiara, Juara 2 diraih oleh Sadya Shokina dari SMKN 2 BukittinggI, dan Salsa Nabila dari SMKN 2 Bukittinggi.

Kompetisi Tour Package Sekolah Menengah Kejuruan disabet oleh  Salwa Salsabila dari SMKN 1 Padang Panjang, Juara 2 direbut oleh  Nilda Dahlia SMKN 1 Padang Panjang, dan Juara 3 disabet oleh Randa Maiguswantri dari SMKN 6 Padang.

Baca Juga : Ini 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Tour Guiding Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan diraih oleh Dea Suci dari SMKN 2 Bukittinggi, disusul oleh Wahyu Iskandar sebagai Juara 2 dari SMKN 1 Padang Panjang, dan Neva Oktavia dari SMKN 1 Matur.

Adapun Business Presentation Perguruan Tinggi diungguli oleh Afny Adyllah dari STIE Haji Agus Salim Bukittinggi. Sedangkan cabang Tourism Creative Writing Perguruan Tinggi, diungguli oleh Siti Nurazizah disusul oleh Nurmaliza yang keduanya berasal dari Politeknik Negeri Padang Di cabang Master of Ceremony Perguruan Tinggi, Deva Ramadhani dari Politeknik Negeri Padang mengungguli Elsa Novatania dari STIE Haji Agus Salim Bukittinggi, disusul Juara 3 Monica Vebi Siboro dari Universitas Dharma Andalas.

Juara 1 Secretary Perguruan Tinggi diraih oleh  Firdha Hanifah dari STIE Haji Agus Salim Bukittinggi,  disusul oleh Yayanti Natasya Politeknik Negeri Padang. Juara Filling Competition Perguruan Tinggi disandang oleh Nofri Refelta Politeknik Negeri Padang.

Sementara di Petty Cash Perguruan Tinggi, Zarni Wahyu Chandra dari STIE Haji Agus Salim Bukitinggi keluar sebagai Juara 1  Nurhayati Fadila dari STIE  Haji Agus Salim Bukitinggi, dan Juara 3 diraih oleh Desi Ratna Sari dari STIE Haji Agus Salim Bukitinggi.

Untuk Tour Package Perguruan Tinggi, mutlak dikuasai PNP, masing-masing Sri Kurniati B., Rizka Aulia Rahmi, dan Reza Ramita Sari yang ketiganya berasal dari Politeknik Negeri Padang.

Dalam cabang Tour Guiding Perguruan Tinggi, Azzahra Yasmin berhasil melampaui Wilda Darma Politeknik Negeri Padang dan Rayhand Abeligo Johcens dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Untuk Tourism Video Perguruan Tinggi, Mita Aprilia Kartini dari Universitas Negeri Padang Berhasil mengungguli Yuni Mustika Sari, dkk. dari Politeknik Negeri Padang, dan Amegi Risantra dari Akademi Pariwisata Bunda.

Di Cabang Business Plan Perguruan Tinggi, Juara 1 diraih oleh Putri Ramadhani dari Politeknik Negeri Padang, disusul oleh Rahmi Fadhila sebagai Juara 2 dari STIE Haji Agus Salim, Bukittinggi, dan Andri Saputra dari Universitas Dharma Andalas.

Menurut Alfatah, Business Administration Competition (BAC) ke-6 merupakan lomba untuk mengukur kompetensi mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik maupun sekolah vokasi se-Indonesia, baik hardskill maupun softskill.

Event ini bertujuan juga untuk menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antarmahasiswa Jurusan Administrasi Niaga/Bisnis dan dunia industri, terutama Sekretaris/Perkantoran serta berupaya mempersiapkan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing khususnya di bidang administrasi niaga/bisnis/ perkantoran/kesekretariatan.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai media untuk melatih kompetensi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja," harap Alfatah.

BATC 2 ini diikuti leh 112 orang peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi dan SMK-SMK yang ada di Sumatera Barat. Lomba yang mengandalkan 173 zoom meeting ini dimaksudkan untuk mengajak peserta, guru dan dosen untuk tetap berkreatifitas meskipun dalam kondisi pandemi ini. Ke depan BATC diharapkan bisa digelar tingkat nasional, bahkan internasional.

"Kemungkinan itu cukup besar karena beberapa perguruan tinggi luar negeri yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang memiliki program studi yang serupa dan relevan," sebut Alfatah.

Awalnya BATC adalah acara tahunan Business Administration Competition  (BAC) yang dilaksanakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis dan Tourism Competition yang dilaksanakan oleh Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. Mulai 2019 kedua acara tersebut digabung dengan nama BATC. Tahun ini BATC digelar secara virtual. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]