Pengabdian Masyarakat di Pasaman, Dosen FMIPA UNP Kembangkan Pembelajaran Multimedia Bagi Guru di SMPN 2 Bonjol


Kamis, 26 November 2020 - 14:54:30 WIB
Pengabdian Masyarakat di Pasaman, Dosen FMIPA UNP Kembangkan Pembelajaran Multimedia Bagi Guru di SMPN 2 Bonjol Kegiatan peningkatan kompetensi guru-guru SMP DI MGMP IPA Rayon 1 Pasaman dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Kurikulum 2013, TIM Dosen Program Studi Fisika (FMIPA UNP)

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM- Kualitas pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh profesionalitas guru dalam pembelajaran. Guru sebagai penanggungjawab utama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang efektif dan berkualitas. Sehingga dapat memfasilitasi peserta didik dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Menyadari hal tersebut, Tim Dosen pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang (FMIPA UNP) kembali melakukan pengabdian masyarakat.  Kegiatannya berupa peningkatan kompetensi guru-guru SMP DI MGMP IPA Rayon 1 Pasaman dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Kurikulum 2013.

Ketua Tim Pengabdian, Hufri mengatakan, kegiatan ini berlokasi di SMPN 2 Bonjol  Kabupaten Pasaman. Pada kegiatan ini dilakukan pendampingan kepada guru-guru dalam penggunaan IT untuk menunjang pembelajaran dengan pengembangan multimedia. Kegiatan ini juga untuk menunjang pembelajaran daring dan luring pada saat covid-19 ini. 

Pengembangan bahan ajar, pendampingan dalam penggunaan peralatan laboratorium yang untuk kegiatan praktikum dan penggunaan laboratoriun virtual, pendampingan analisis materi untuk menghindari terjadinya miskonsepsi dalam pembelajaran  serta juga meningkatkan wawasan guru implementasi model dan strategi pembelajaran. 

Kegiatan ini disamping dilakukan secara tatap muka juga dilakukan secara daring. Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua MGMP IPA Rayon 1 Kabupaten Pasaman Neldi Miswar  serta dihadiri oleh guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPA Rayon 1 Kabupaten Pasaman sebagai peserta.  

Kegiatan ini diharapkan Hufri, dapat meningkatkan kompetensi guru-guru IPA MGMP rayon 1 kabupaten Pasaman dalam melaksanakan kurikulum 2013 secara maksimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Pasaman. (*)

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]