Pelaku Penipuan Berkedok Tim Satgas Covid-19 Gunakan Jimat Pagar Diri


Kamis, 26 November 2020 - 16:05:59 WIB
Pelaku Penipuan Berkedok Tim Satgas Covid-19 Gunakan Jimat Pagar Diri Pelaku penipuan berkedok tim satgas Covid-19

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pelarian pelaku penipuan berkedok tim satgas Covid-19 berakhir di Kota Padang. Penangkapan terhadap pelaku bernama Dian Anggraini dilakukan tim Klewang Polresta Padang dan dibantu direktorat Polda Sumatera Barat (Sumbar).

"Setelah pelariannya, pelaku akhirnya kita tangkap di kawasan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah, kami juga berterima kasih kepada direktorat Polda Sumbar yang ikut membantu penangkapan pelaku," sebut Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir, Rabu (26/11/2020).

Saat penangkapan, kata dia, sejumlah barang bukti ikut disita dari tangan pelaku diantaranya satu mobil merk Honda Jazz, hasil dari penipuan yang dilakukan pelaku. Kemudian barang bukti lain seperti uang tunai sebesar Rp1 juta serta televisi 50 inch.

"Bersamaan dengan itu, kami juga menyita selembar kertas yang ada tulisannya, beberapa helai rambut serta serpihan emas. Diduga ini merupakan alat yang digunakan pelaku untuk menghipnotis korban," sebut Imran.

Ketika wartawan menanyai langsung kepada pelaku terkait kertas, rambut dan serpihan emas, ia mengaku bahwa itu hanya sebagai pagar diri dan tidak ada sangkut pautnya dengan hipnotis.

"Saya tidak ada melakukan hipnotis, itu (selembar kertas, rambut dan serpihan emas) hanya sebagai pagar diri saja," sebut pelaku.

Namun ketika ia mengaku sebagai tim satgas, terang pelaku, korban percaya dengan kata-katanya yang mengaku sebagai tim satgas dan merupakan warga setempat. 

"Setelah emas berhasil diambil, kemudian diserahkan kepada teman saya bernama Mona. Mona inilah yang akan menjual emas itu dan saya hanya menerima uang dari dia. Setiap kali aksi, saya menerima bermacam-macam jumlahnya, paling banyak Rp20 juta," terangnya lagi. (*)
 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]