Ini Penyebab Lobster Berubah Jadi Merah saat Dimasak


Kamis, 26 November 2020 - 17:00:36 WIB
Ini Penyebab Lobster Berubah Jadi Merah saat Dimasak Lobster

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ternyata ada yang unik pada lobster. Dia akan berubah warna ketika dimasak. Lobster bakal berwarna merah saat direbus. Bagaimana keadaan itu bisa terjadi?

Lobster menjadi salah satu seafood favorit banyak orang. Pasalnya, hewan laut ini memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Mereka yang gemar mengonsumsi lobster mengatakan dagingnya tebal dan rasanya gurih.

Baca Juga : Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

Sebagaimana dinukil dari Mental Floss, Kamis (16/11/2020), ilmuwan New England Aquarium Anita Kim menjelaskan kepada Live Science bahwa warna merah itu sebenarnya hanya hasil dari reaksi kimia. Rona biru kehijauan pada lobster digunakan untuk menyamar dari predator seperti cod, haddock, maupun ikan besar lainnya di laut.

Warna merah ini dihasilkan dari kombinasi dua molekul. Salah satunya astaxanthin, karotenoid merah terang yang diserap lobster saat memakan makanan yang mengandung molekul tersebut. Sedangkan molekul lainnya adalah crustacyanin, protein yang sudah ada di lobster.

Baca Juga : Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

Ketika astaxanthin dan crustacyanin berikatan, ia memelintir molekul menjadi bentuk berbeda, yang mengubah cara memantulkan cahaya.

Kemudian ketika direbus, panasnya menyebabkan molekul tersebut berubah menjadi bentuk baru. Mereka melepaskan astaxanthin sehingga berubah menjadi warna merah.

Baca Juga : Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

Ahli biokimia Italy’s Marche Polytechnic University Michele Cianci menganalogikan hal ini seperti karet gelang yang dibentuk sedemikian rupa, tetapi pada akhirnya akan kembali kepada bentuk semula.

Hal yang sama terjadi pada lobster atau udang yang berubah dari abu-abu pucat menjadi merah muda pada saat dimasak. (*)

Baca Juga : Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 10:51:29 WIB

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih Akhir pekan selain diisi dengan jalan-jalan, juga sangat pas diisi dengan berdiam di rumah bersama keluarga.Tentu saja ditemani dengan camilan dan secangkir teh. Dan ide camilan untuk hari ini adalah muffin keju..
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 06:43:50 WIB

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman Kopi sering dijauhi oleh penderita penyakit asam lambung, karena dalam kandungan kopi ada kafein dan klorogenat. Supaya tetap aman ikut beberapa tips sehat ini..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 23:19:03 WIB

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat Institute of Corporate Reputation merilis peringkat grup band idola K-Pop berdasarkan "brand value" di awal Januari 2021. Seperti dilansir dari Allkpop, Sabtu (23/1/2021), survei dilakukan mulai 23 Desember 2020 hingga 23 Jan.
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 11:27:51 WIB

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya Dalam Islam hukum asal jual beli itu halal dan boleh. Namun, ada jual beli yang diatur objeknya, tidak bebas diperjualbelikan. .
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 06:21:52 WIB

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya Apa minuman yang paling populer di dunia? Tentu saja kopi. Minum kopi dapat menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat minum kopi di pagi hari memang sudah menjadi 'ritual' banyak orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]