Lima Orang Hanyut di Pessel, Ini Kronologisnya


Kamis, 26 November 2020 - 20:25:04 WIB
Lima Orang Hanyut di Pessel, Ini Kronologisnya ilustrasi orang hanyut.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lima orang dilaporkan hanyut terbawa arus aliran sungai di Nagari Lubuak Batuang Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (26/11/2020) sore. Dari lima korban, tiga orang diantaranya ditemukan sudah meninggal dunia, sementara dua orang lainnya masih dalam pencarian.

Informasi dari BPBD Pesisir Selatan, hanyutnya lima orang tersebut ternyata karena jembatan ponton yang biasa dilintasi untuk ke ladang ambruk. Kejadian itu bermula saat para korban sedang menyeberang sungai usai pulang dari ladang. Mereka menyeberang aliran sungai menggunakan ponton atau sejenis rakit dan ditarik dengan seutas tali. Namun, saat menyebarang tali tersebut putus.

"Ponton itu ditarik pakai tali. Jadi, kemungkinan kondisi tali sudah lapuk sampai di tengah sungai tali putus. Ponton itu terbalik dan para korban hanyut," ujar Kalaksa BPBD Pessel, Herman Budiarto kepada wartawan, Kamis malam.

Dalam peristiwa ini, tiga orang ditemukan meninggal dunia, sedangkan dua korban lainnya masih dinyatakan hilang. Tim gabungan bersama masyarakat setempat hingga malam ini masih melakukan pencarian. "Para korban ini pulang dari ladang, lalu menyeberang sungai. Seluruh korban perempuan, satu diantaranya berstatus pelajar," kata Herman.

Para korban yang ditemukan meninggal tersebut yakni Eli Murni (48), Imar (50) dan seorang pelajar yaitu Nesi (18). Sedangkan, dua korban lain yang belum ditemukan adalah Nimar (50) dan Noromi (50). "Tiga orang yang ditemukan meninggal ini berada sekitar beberapa kilometer dari lokasi hanyut. Saat ini, ada 10 orang personel dan masyarakat sedang melakukan pencarian. Saya sudah lapor Basarnas untuk menurunkan tim," ujarnya. 

Sementara, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Padang mengerahkan enam personel untuk melakukan operasi pencarian terhadap korban. Para personel berangkat malam ini menuju Kabupaten Pesisir Selatan. "Anggota sudah berangkat habis magrib tadi. Ada enam personel yang dikerahkan untuk mencari dua korban yang informasi masih hilang," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang, Asnedi. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]