Begini Cara Atasi Agar Tikus Tak Masuk Rumah Saat Musim Hujan


Kamis, 26 November 2020 - 23:13:47 WIB
Begini Cara Atasi Agar Tikus Tak Masuk Rumah Saat Musim Hujan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Memasuki bulan November, itu artinya musim hujan telah tiba. Berbagai hal perlu dilakukan untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul saat musim hujan seperti ini. Misalnya saja banjir, rumah bocor, atau yang tak kalah menyebalkan adalah tikus masuk rumah. Jangan dibiarkan karena selain mengotori rumah, hama yang satu ini bisa mengakibatkan kemunculan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah Leptospirosis yang disebabkan oleh kencing tikus. Untuk mengatasinya, simak cara-cara efektif berikut yuk! 

1. Menutup Semua Lubang Tikus

Tikus termasuk salah salah satu binatang yang gemar melewati lubang-lubang kecil karena mereka memang memiliki bentuk tubuh yang elastis. Bahkan saking elastisnya, lubang yang lebarnya bebrapa sentimeter bisa mereka masuki. Maka dari itu, tikus nggak masuk rumah saat musim hujan tiba nanti, pastikan kamu memeriksa seluruh bagian dapur, bila ada lubang yang kemungkinan bisa dilewati oleh tikus, segera tutup ya. Tak ketinggalan, cek juga sudut-sudut seperti bawah kompor, belakang kulkas, dan sudut lain yang bisa jadi akses masuk tikus.

2. Singkirkan Benda yang Kemungkinan Bisa Jadi Makanannya

Tikus masuk ke rumah juga bisa disebabkan karena insting mereka untuk mencari makanan dan minuman. Mengenai hal ini, mesti diingat jika perhatian mereka cukup tertarik sama sisa makanan yang ada di tempat sampah dapur. Untuk mengatasinya, pastikan selalu membuang sampah di tempat sampah luar, pastikan makanan di dapur tertutup rapat, dan juga selalu jaga kebersihan dapur. 

3. Jebak Tikus 

Bila di rumah ada tanda-tanda seperti suara garukan di dinding atau langit-langit, kemudian kotoran tikus bertebaran di mana-mana, atau munculnya bau tidak sedap, itu berarti waktunya kamu mengambil tindakan lebih lanjut. Caranya dengan menjebak mereka menggunakan Lem Tikus. (*)

Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]