Pemenang Olimpiade Akuntansi Nasional Tingkat SLTA Diterima Kuliah Tanpa Tes di PNP


Jumat, 27 November 2020 - 11:02:35 WIB
Pemenang Olimpiade Akuntansi Nasional Tingkat SLTA Diterima Kuliah Tanpa Tes di PNP Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri menjanjikan juara 1, 2, dan 3 dalam Olimpiade Akuntanasi Nasional Tingkat SMK/SMA/MA bakal diterima kuliah di kampus pendidikan vokasi ini tanpa tes, cukup diseleksi nilai rapor mereka.

"Dalam persyaratan mendaftar, mereka cukup menunjukkan Surat Keputusan Direktur yang menyatakan mereka adalah Juara Olimpiade," kata Surfa Yondri, dilansir dari website PNP, Jumat (26/11/2020).

Diketahui, Reza Agus Rivandi dari STIE Perbanas Surabaya Sabet Juara Umum Olimpiade Akuntansi Nasional 3 Tingkat Perguruan Tinggi yang digelar PNP. Sementara, Fathya Rayhannisa dari SMK N 2 Bukittinggi menjuarai Olimpiade Tingkat SMK Se-Indonesia.

Begitu juga dengan Silvia Rahmawati dari SMA Negeri 1 Bumi Ayu, Jawa Tengah mengungguli Olimpiade Tingkat SMA/MA se-Indonesia Surfa Yondri mengamanatkan pada para peserta kompetisi agar jangan cuma bangga dengan almamater masing-masing tapi mampu membuat almamater bangga memiliki diri mereka sekalian dengan potensi dan prestasi yang mereka miliki.

"Sehebat apapun perguruan tinggi tak ada artinya jika dirimu tak bisa memberikan kontribusi apapun pada almamatermu," ujar Surfa Yondri menyemangati.

Ketua Panitia Penyelenggara, Amy Fontanella mengamanatkan, kejujuran adalah harga mati dalam praktik akuntansi. Kejujuran dalam akuntansi berarti seorang akuntan harus melaporkan kondisi keuangan perusahaan apa adanya dan tidak ada niat untuk melakukan kecurangan.

Seorang akuntan juga harus jujur mengakui jika ada kesalahan atau terjadi kecurangan dalam keuangan perusahaan.

"Olimpiade Akuntansi Nasional 3 itu menguji keprofesionalan akuntan, tidak saja dalam menerapkan kejujuran, tapi juga karakter akuntan penting lainnya, seperti teliti, skeptis, logis, dan disiplin," kakat Amy.

Dalam laporannya, Host Vira Maulina mengumumkan, ajang perlombaan bergengsi yang menjaring pemenang senusantara itu menawarkan 5 kategori lomba, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajerial, Akuntansi Sektor Publik, dan Audit dan Sistem Informasi Perpajakan.

Untuk kategori Akuntansi Keuangan, Juara 1 diraih oleh Deva Hamidatu Thoibah Marbun/ Politeknik Caltex Riau (106), Juara 2 diraih oleh Frissca Prawitha/ Politeknik Negeri Jakarta (106), dan Juara 3 diraih oleh Yolanda Sasaqia Putri/ PNP (97).

Dalam Bidang Akuntansi Manajerial, Juara 1 diraih oleh Dwi Istiqomah (122) dari Politeknik Caltex, Riau, Juara 2 diraih oleh Reza Agus Rivanda (100) dari STIE Perbanas Surabaya, dan Juara 3 diraih oleh Supriyadi dari STIE Tri Dharma Nusantara, Makassar (89).

Untuk kategori Audit dan Sistem Informasi Akuntansi, Juara 1 diraih oleh Yolanda Sasqia (105) dari Politeknik Negeri Padang, Juara 2 diraih oleh Tasniem Fauzia (100) dari Politeknik Negeri Padang, dan Juara 3 diraih oleh Reza Agus Rivandi (95) dari STIE Perbanas Surabaya.

Kategori Sektor Publik Juara 1 diraih oleh Reza Agus Rivandi (135) dari STIE Perbanas Surabaya, Juara 2 diraih oleh Supriyadi (115) dari STIE Tri Dharma Nusantara Makassar, Juara 3 diraih oleh Ayu Trisna Anshari (109) dari Politeknik Negeri Padang.

Terakhir, kategori Perpajakan, Juara 1 diraih oleh Nurriyah Kusumawati (101) dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Juara 2 diraih oleh Reza Agus Rivandi (95) dari STIE Perbanas Surabaya, dan Juara 3 diraih oleh Alvionita Utrimi (92) dari Politeknik Harapan Bersama Tegal. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]