Penyintas Covid-19: Corona Tidak Hanya Merugikan Secara Ekonomi Tapi Juga Penyakit Serius


Jumat, 27 November 2020 - 11:31:55 WIB
Penyintas Covid-19: Corona Tidak Hanya Merugikan Secara Ekonomi Tapi Juga Penyakit Serius Penyintas Covid-19, Icha. Dok kumparan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Salah seorang penyintas Covid-19, Icha Atmadi menyebutkan, Covid-19 tidak hanya merugikan secara ekonomi, namun juga penyakit ini sangat serius.

"Covid-19 ini serius sekali. Untuk gejala paling ringan pun bisa terasa sakit baik bagi fisik maupun mental. Apalagi bagi mereka yang mengalami gejala berat, seperti yang dialami ayah saya waktu itu, yang memerlukan alat bantu pernafasan. Perasaan cemas yang dirasakan itu seperti setiap hari akan menghadapi kematian," terang Icha pada acara Dialog Produktif bertema “Memaksimalkan Pengelolaan Kesehatan Lewat Vaksinasi” yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) melibatkan Jurnalis Ubah Laku, kemarin.

Baca Juga : Dokter Reisa: Menambah Tempat Tidur di Rumah Sakit Bukanlah Jawaban Tepat Penanganan Covid-19

Apabila biaya perawatan, kata Icha Atmadi, jika dihitung dan ditanggung secara mandiri, bisa mencapai ratusan juta rupiah selama 45 hari menjalankan perawatan. Hanya saja biaya perawatannya dan keluarga serta pasien Covid-19 lainnya saat ini ditanggung negara.

Dari pengalaman Icha Atmadi membenarkan, semua pasien Covid-19 baik yang gejalanya ringan, sedang, maupun berat, mengalami titik terendah sehingga membuat seseorang lebih introspeksi.

Baca Juga : IDI: Tujuan Vaksinasi Ini Mencapai Herd Immunity

"Ayah saya sampai mendapatkan beberapa suntikan infus, belum lagi ditambahkan alat bantu pernafasan, serta alat pendukung dan tindakan medis lainnya. Jadi benar-benar mencemaskan waktu itu," terang Icha.

Dengan demikian, kata Icha, protokol kesehatan dalam keluarganya lebih diperketat setelah sembuh dari Covid-19. Pengalaman yang dialaminya pun dibagikan kepada teman-teman, agar mereka tidak mengalami apa yang dia rasakan.

Baca Juga : GeNose Pendeteksi Covid-19 Lewat Embusan Napas, Begini Cara Kerjanya

"Cara terbaik agar masyarakat dan negara tidak merugi lebih besar lagi adalah dengan mencegah, jangan sampai terkena Covid-19," pesan Icha.

Diketahui, Pemerintah menanggung biaya perawatan rumah sakit bagi pasien Covid-19, yang berdasarkan hasil survei menunjukkan rata-rata dikeluarkan biaya perawatan Rp184 juta per orang. Selain biaya yang besar masyarakat yang terdampak Covid-19 tidak bisa bekerja secara produktif sehingga menurunkan pendapatan mereka.

Baca Juga : Jangan Sembarangan! Bermain Ponsel saat Berolahraga Bisa Bikin Cedera

Belum lagi kerugian apabila ada warga negara yang meninggal di usia produktif, beban biaya keluarga yang ditinggalkan pasien. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]