Pro Rakyat, Masyarakat Adat Silago Dharmasraya Tetap Kembali Dukung Sutan Riska


Jumat, 27 November 2020 - 16:02:45 WIB
Pro Rakyat, Masyarakat Adat Silago Dharmasraya Tetap Kembali Dukung Sutan Riska Deklarasi Suku Chaniago, Nagari Silago, Kecamatan Sembilan Koto.  Bukti dukungan kepada Paslon 02, Sutan Riska Tuanku Kerajaan- Dasril Panin Dt Labuan.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat adat yang bermukim di Kenagarian Silago Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyatakan sikap sepakat kembali mendukung pasangan bupati nomor urut 02, Sutan Riska Tuanku Kerajaan- Dasril Panin Dt Labuan, pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang. 

Ketegasan sikap tersebut disampaikan oleh sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam kegiatan silaturahmi bersama calon bupati petahana itu di rumah gadang milik masyarakat adat setempat, Jumat ( 27/11). 

Baca Juga : Tak Ada Gugatan Hasil Pilkada, KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok

Sebagaimana disampaikan oleh salah seorang tokoh adat nagari itu, Rodi Datuk Malintang Sati, menegaskan jika dipilih bupati yang baru maka program program kerakyatan yang sudah digagas oleh Sutan Riska Tuanku Kerajaan bisa hilang lagi. 

"Sutan Riska Tuanku Kerajaan telah menyusun program- program untuk kemajuan Dharmasraya ini. Termasuk untuk Kecamatan Sembilan Koto. Jadi jangan biarkan program yang sudah ada hilang," ungkapnya. 

Baca Juga : Sujud Syukur Usai Penetapan oleh KPU Pasbar, Ini Janji Paslon Pemenang Pilkada Pasbar 2020

Ia berharap, jika terpilih kembali untuk periode kepemimpinan ke depan, tahapan pembangunan Kecamatan IX Koto lebih maju lagi kedepan. 

"Kami telah merasakan program-program yang telah dikucurkan pemerintah seperti, program pertanian, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan program lainnya," ujarnya. 

Baca Juga : KPU Pasbar Tetapkan Hamsuardi dan Risnawanto Pemenang Pilkada 2020

Sementara itu, Tokoh Masyarakat setempat yang saat ini juga menjabat sebagai Anggota DPRD Dharmasraya, Rogi Alias Chan menegaskan, dengan memilih Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada 9 Desember mendatang itu merupakan salah satu cara menunjukkan sikap mencintai daerah. 

"Sejauh ini Sutan Riska Tuanku Kerajaan telah membuktikan kinerjanya, dan kita telah menikmatinya. Jadi, mari sama-sama ke TPS 9 Desember mendatang untuk menggunakan hak pilih guna memenangkan Sutan Riska Tuanku Kerajaan," pungkasnya. 

Baca Juga : Siap-siap! 35 Sengketa Pilkada Mulai Disidangkan di MK pada 26 Januari

Menanggapi hal tersebut, Bupati Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terimakasih atas dukungan Suku Chaniago. Menurutnya, untuk membangun Kabupaten Dharmasraya membutuhkan dana yang sangat besar, dan itu bisa diwujudkan dengan APBN. 

"Saya tidak hebat, tapi orang- orang di pusat sana sayang kepada masyarakat Dharmasraya, sehingga kita mendapatkan bantuan dana untuk merealisasikan program- program yang sudah diwacanakan," katanya sembari menambahkan, jangan biarkan orang lain mengatur daerah kita. Kitalah yang berhak memajukan daerah ini. Makanya jangan mau dibujuk dengan program- program yang belum pasti. 

Ia berharap dukungan kepada dirinya benar- benar diwujudkan pada 9 Desember mendatang. 

" Dengan izin Allah, sama- sama kita ke TPS untuk mencoblos paslon nomor urut 02," Tutupnya.

Sebelumnya, terbukti berkinerja baik pada masa kepemimpinan periode pertamanya, telah memicu semangat sebagian besar masyarakat Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, untuk mempertahankan posisi Bupati Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Pilkada Serentak untuk kembali memimpin daerah itu untuk periode 2021-2024.

Yang terbaru sebagaimana diungkapkan sejumlah tokoh masyarakat Kenagarian Panyubarangan, Kecamatan Timpeh melalui salah seorang tokoh masyarakat yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Pariyanto. 

Menurutnya, sangat sulit mencari alasan untuk tidak memilih dan mempercayakan kembali kepemimpinan Dharmasraya ke sosok Bupati muda yang dikenal gigih memperjuangkan dana-dana dari pemerintah pusat untuk melanjutkan tahapan pembangunan selama empat tahun terakhir. 

"Jadi kami bersama segenap tokoh ulama, tokoh adat lintas suku dan etnis, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari berbagai kecamatan yang ada, memutuskan mengganti Bupati di tahun 2024 saja dan tetap mempertahankan Sutan Riska kembali memimpin untuk periode kedua, " tegasnya.(*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]