Penyelidikan Pelaporan Amnasmen Terhadap Rita Sumarni Dihentikan


Jumat, 27 November 2020 - 16:28:55 WIB
Penyelidikan Pelaporan Amnasmen Terhadap Rita Sumarni Dihentikan Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto

PADANG, HARIANHALUAN.COM --  Konflik antara Amnasmen dan Rita Sumarni berujung damai, pasca pemberhentian penyelidikan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat. Sebelumnya, Rita Sumarni ditetapkan sebagai tersangka karena telah memposting Kartu Tanda Penduduk (KTP) Amansmen ketika menjabat sebagai ketua KPU Sumbar di akun facebook pribadinya.

"Penghentian penyelidikan lantaran Amansmen sebagai pelapor memutuskan untuk mencabut laporannya," ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, Jumat (27/11/2020).

Dijelaskannya, pencabutan laporan tersebut dilakukan oleh yang bersangkutan (Amansmen) didampingi penasehat hukumnya sekitar seminggu yang lewat. "Laporan sudah dicabut, terlapor dihentikan sebagai tersangka," jelasnya.

Diketahui, laporan itu adalah buntut dari cekcok antara keduanya ketika pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kemudian berbuntut cekcok. Rita Sumarni kemudian memposting identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) Amansmen yang ketika menjabat sebagai ketua KPU Sumbar.

Karena tidak terima, Amnasmen kemudian mendatangi Polda Sumbar untuk memberikan laporan. Seiring berjalannya laporan, Rita Sumarni sebagai terlapor telah ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelum itu juga diketahui, dalam kasus itu Polda Sumbar juga melibatkan beberapa saksi ahli yang terdiri dari ahli pidana, bahasa hingga ITE. Pemeriksaan saksi ini berasal dari Jakarta, termasuk pemeriksaan laboratorium. 

Seiring berjalannya kasus, Rita Sumarni sempat meminta maaf secara langsung kepada Amansmen. Menanggapi permintaan maaf itu, secara pribadi Amnasmen telah memaafkan, namun untuk kasus pelaporan itu tetap berlanjut sesuai aturan hukum. (*)
 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]