Mantap! Pendeteksi COVID-19 GeNose Bisa Didistribusikan Akhir Tahun


Jumat, 27 November 2020 - 21:30:30 WIB
Mantap! Pendeteksi COVID-19 GeNose Bisa Didistribusikan Akhir Tahun Ilustrasi

YOGYAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Inovasi alat pendeteksi COVID-19 bernama GeNose menarik perhatian banyak pihak salah satunya Kemenristek/BRIN. Kemenristek menyebut GeNose mulai didistribusikan akhir tahun ini.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, bahwa sudah ada prototype yang sudah diuji cobakan tahap pertama di rumah sakit Bhayangkara dengan tingkat akurasi saat itu mencapai 97 persen.

Baca Juga : Waduh! Sejumlah Nomor Pengguna WhatsApp Bocor Lagi di Google Search

Sehingga GeNose bisa membaca data-data pasien yang memeriksakan COVID-19 dengan embusan napas 97 persen dibandingkan akurasi dengan PCR dari pengukuran infeksi COVID-19.
 
"Setelah di-launching di kantor kami mereka memulai uji klinis tahap kedua. Sekarang ini mereka melakukannya di 10 rumah sakit dengan target kalau tidak salah 1.600 pasien atau 1600 sampel," ucapnya kepada detikcom melalui aplikasi zoom, Jumat (27/11/2020).

Selama itu, mereka melakukan upaya perbaikan tempat penyimpanan embusan napas dan sekaligus memastikan alat tersebut steril. Karena nantinya akan banyak orang yang memakai.

Baca Juga : Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Terkait Privasi Data

"November lebih ke manufacturing. Nah saat ini uji klinis tahap keduanya atau uji validasi tahap keduanya hampir selesai. Sehingga targetnya Desember sudah bisa didistribusikan untuk keperluan masyarakat," katanya.

"Harapannya setelah uji validasi tahap kedua, sudah lebih jelas tingkat akurasinya maka akan mulai diproduksi dalam jumlah yang lebih besar untuk bisa dipakai masyarakat luas karena saat ini masih untuk keperluan terbatas," imbuhnya.

Baca Juga : Kembali Viral, Aplikasi FaceApp Bikin Cowok Jadi Manis

Diberitakan sebelumnya, Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini sedang dilakukan uji validasi alat pendeteksi COVID-19 baru menggunakan hembusan napas, alat itu bernama GeNose.

"Saat ini sedang dilakukan uji validasi tahap kedua dari GeNose. Ini adalah inovasi dari UGM (Universitas Gadjah Mada) yang bersifat analisa atau deteksi virus COVID-19 dengan menggunakan hembusan napas kita. Ini adalah suatu inovasi yang luar biasa karena bisa mendeteksi virus COVID-19 secara akurat, di dalam uji validasi tahap pertama di suatu RS di Jogja akurasinya mencapai 97% dibandingkan PCR test," kata Bambang dalam konferensi pers virtual tentang Pengembangan Vaksin, Terapi dan Inovasi COVID-19, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga : Solusi Mengatasi Bosan, Silahkan Coba Game-Game Ringan dan Seru Ini

Bambang menyebut alat itu diusahakan bisa diproduksi dan digunakan oleh masyarakat pada akhir tahun 2020. Biayanya yakni Rp 40 juta per alat dan bisa digunakan sekaligus untuk 100 ribu pengujian.

"Kita berupaya agar menjelang akhir tahun November atau Desember GeNose sudah bisa diproduksi dan dipakai secara luas. Test ini relatively murah, harganya Rp 40 juta per alat tetapi bisa digunakan sampai 100 ribu pengujian," ucapnya.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 20:35:11 WIB

    Waduh! Sejumlah Nomor Pengguna WhatsApp Bocor Lagi di Google Search

    Waduh! Sejumlah Nomor Pengguna WhatsApp Bocor Lagi di Google Search Belum usai pembicaraan publik terkait kebijakan baru WhatsApp yang membuat pengguna wajib membagikan datanya ke Facebook. Kali ini, muncul sebuah masalah yang bisa dibilang cukup serius dan menyangkut privasi pengguna WhatsAp.
  • Selasa, 19 Januari 2021 - 13:47:35 WIB

    Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Terkait Privasi Data

    Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Terkait Privasi Data Usai Whatsapp mengumumkan perubahan kebijakan privasi datanya, jutaan pengguna aplikasi pertukaran pesan ini mulai beralih ke layanan alternatif dalam sepekan terakhir..
  • Senin, 18 Januari 2021 - 23:53:27 WIB

    Kembali Viral, Aplikasi FaceApp Bikin Cowok Jadi Manis

    Kembali Viral, Aplikasi FaceApp Bikin Cowok Jadi Manis Media sosial belum lama ini diramaikan dengan unggahan yang mengubah tampilan wajah seseorang. Namun tahukah kamu kalau perubahan tersebut dihasilkan menggunakan aplikasi FaceApp..
  • Senin, 18 Januari 2021 - 10:43:16 WIB

    Solusi Mengatasi Bosan, Silahkan Coba Game-Game Ringan dan Seru Ini

    Solusi Mengatasi Bosan, Silahkan Coba Game-Game Ringan dan Seru Ini Di masa pandemi ini mengharuskan kita untuk melakukan kegiatan atau kerja di rumah saja. Terkadang waktu di rumah bikin kita mati gaya, apalagi setelah seharian berkutat didepan laptop. .
  • Ahad, 17 Januari 2021 - 16:45:54 WIB

    Signal Sempat Keok Gegara Kebanjiran Pengguna Baru

    Signal Sempat Keok Gegara Kebanjiran Pengguna Baru Aplikasi pesan instan Signal menyatakan sempat mengalami gangguan teknis selama beberapa hari akibat kelebihan muatan atau overload server pada Jumat (15/1) kemarin. Kebanjiran pengguna diduga imbas banyaknya pengguna WhatsAp.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]