Didukung Teman Seangkatan, Dalam Delapan Hari Bripka Andri Oktora Sembuh dari Covid-19


Jumat, 27 November 2020 - 23:10:32 WIB
Didukung Teman Seangkatan, Dalam Delapan Hari Bripka Andri Oktora Sembuh dari Covid-19 Bripka Andri Oktora saat karantina mandiri di asrama Polsek

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Hanya membutuhkan waktu selama delapan hari saja, dalam berjuang melawan ganasnya serangan virus Corona atau Covid-19, hingga akhirnya berhasil sembuh, dengan hasil negatif. Perjuangannya sungguh luar biasa, karena hanya dalam waktu singkat, berhasil untuk bangkit, kembali sehat dan kembali bersama keluarga di rumah.

Bripka Andri Oktora, SH salah satu anggota Polsek Tanjung Emas, Polres Tanah Datar ini, sungguh mengejutkan banyak orang, karena keberhasilannya yang tercepat sembuh dari bahaya yang sangat dikhawatirkan banyak orang saat ini, yang ancamannya telah nyata banyak membunuh manuasia dan meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan di belahan dunia.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

"Saya menjalani karantina sendiri di asrama Polsek Tanjung Emas, alhamdulillah teman seangkatan cukup peduli, menyiapkan berbagai kebutuhan dan konsumsi saya selama menjalani karantina itu, keluarga juga selalu memotivasi dan memberi semangat, selalu datang ke asrama bersama anak-anak meskipun hanya melihat dan berkomunikasi dari balik pagar, tatapi itu semua juga menjadi obat bagi saya. Kenapa saya gagal hingga terpapar, padahal selama ini saya selalu menjalani protokol kesehatan dalam bertugas, menerapkan 3 M, memakai masker, sering mencuci tangan dan selalu menjaga jarak, keteledoran ini perkiraan saya, terpapar dari rekan sekantor, di kantor saat itu anggota ada yang flu dan bersin, kami berdialog dan saat itu masker yang saya pakai keras dibagian yang melekat ke kuping, lalu saya buka saja masker itu. Ternyata setelah tes swab dia positif," kata Andri. 

Mengenai keluhan, ia hanya mengalami sakit pada kerongkongan, tidak merasakan sakit lainnya, flu, batuk ataupun demam.
Di Polsek Tanjung Emas, Andri anggota yang keempat terpapar Covid-19, dua orang telah sembuh, dua orang lagi rekannya masih positif, satu orang diantaranya menjalani perawatan di RSUP M Djamil Padang.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

"Pukul 10.00 WIB tadi saya dapat info telah negatif dari kepala Puskesmas Tanjung Emas. Saya tes swab kedua ini Rabu dua hari lalu dan hari ini hasilnya keluar, tes pertama, Senin dan Rabu hasil keluar, yang keduanya negatif, tes dilakukan dalam rentang dua hari. Sejak dinyatakan positif pada 19 November lalu, selain saya melakukan tips dan usaha bermacam hal yang saya lakukan itu, juga saya tambah dengan memakai minyak kayu putih, dengan dioleskan ke tisu, lalu dihirup, itu saya lakukan tiap 1 kali dalam 2 jam selama 4 hari berturut-tirut, alhamdulillah setelah itu hasil swab pertama dan kedua saya negatif," kata Bripka Andri Oktora, Babin Kamtibmas Polsek Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar, kepada HarianHaluan.Com, Jumat (27/11/2020) mengisahkan. 
 
Andri Oktora juga berpesan kepada semua orang, agar tidak terpapar virus Corona seperti yang ia alami, yaitu selalu menggunakan masker, tetap menjaga jarak dengan orang lain, jika siap swab, isolasi mandiri sampai hasil tes swab keluar, jaga jarak dengan orang siap swab dan sedang flu, rajin mencuci tangan setiap selesai kegiatan.

Kalau bisa selalu makan buah dan minum vitamin tiap hari, berolahraga secukupnya.

Baca Juga : Irwandi Dt. Batujuah Letakkan Standar Baru Etika Politik di Bukittinggi

Jika terpapar Covid-19, agar berfikiran positif, santai, anggap saja flu biasa agar tidak terbebani, makan teratur, minum obat dan vitamin, olahraga secukupnya, tidur yang cukup dan usahakan tidur siang minimal 2 jam dan tidur malam minimal 7 jam, usahakan karantina jangan bergabung dengan keluarga, katanya. 

"Agar tidak suntuk, berkomunikasi via telepon atau video call dengan keluarga atau teman, selalu solat dan berdoa kepada Allah SWT. Kemudian, ketika minum obat lafazkan kalimat Ya Allah, melalui obat dan air ini, angkatlah segala virus dan penyakit yang ada di tubuh hamba Ya Allah, lalu baca salawat kepada Nabi Muhammad SAW, baru diminum obat tersebut, dengan harapan semua itu untuk meningkatkan imun tubuh agar memperoleh hasil negatif Covid-19.
Bagi yang punya teman atau saudara positif, agar memberikan suport dan semangat cepat sembuh, minimal melalui telepon atau video call," katanya.

Baca Juga : Tak Menyerah pada Pandemi Covid-19, Penghasilan Jutaan Rupiah Diraup Penjual Tanaman

Di Kabupaten Tanah Datar, hingga saat ini akumulasi kasus konfirmasi sebanyak 601 orang yang terdiri dari 1 orang dirawat di RSU Bunda BMC Padang, 3 orang dirawat di RSUD Pariaman, 5 orang dirawat di RSUP M Djamil Padang, 9 orang dirawat di RSAM Bukittinggi, 3 orang dirawat di RS Ibnu Sina Padang Panjang, 10 orang dirawat di RSUD Padang Panjang, 6 orang dirawat di RSUD Hanafiah Batusangkar, 1 orang dirawat di RS Unand Padang, 5 orang karantina di PPSDM Baso, dan 166 orang isolasi mandiri, 373 sudah sembuh hasil dengan hasil negatif, meninggal dunia 19 orang. Sementara suspek 18 orang, probable 2 orang dan pelaku perjalanan 23 orang. (*)

Reporter : Feri Maulana | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]