Wah, Telur Ikan Ini Seharga Rp1,6 M per Kg


Jumat, 27 November 2020 - 23:35:50 WIB
Wah, Telur Ikan Ini Seharga Rp1,6 M per Kg Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sudah bukan hal baru kalau kaviar adalah salah satu makanan termahal di dunia. Jika kaviar hitam sudah berharga mahal, maka telur ikan putih berharga jauh lebih mahal, bahkan mengalahkan harga satu mobil mewah.

Kaviar putih ini dijual seharga US$113.630 per kg nya atau sekitar Rp1,6 miliar dan dijuluki sebagai makanan termahal di dunia. Makanan berjuluk kaviar emas putih ini sangat langka dan berasal dari ikan Siberian Albino Sturgeon.

Ikan ini dibesarkan di sebuah peternakan ikan kecil oleh Walter Grüll dan putranya di Salzburg, Austria. Dikutip dari South China Morning Post, setelah dipanen, telur dikeringkan sebelum lapisan halus dari daun emas 22 karat yang dapat dimakan ditaburkan di atasnya untuk membuatnya lebih mewah.

Karena proses dehidrasi, 5 kg produk yang besar dan kuat diproses untuk menghasilkan 1 kg produk jadi. Dibutuhkan delapan hingga 10 tahun untuk siap panen. Kaviar ini disebut memiliki rasa yang lembut bak beludru dan buttery seperti mentega.

Apa itu kaviar sturgeon albino putih?

Mengutip Fine Dining Lovers, Kaviar putih adalah telur ikan sturgeon albino. Beberapa jenis kaviar putih dapat ditemukan, yang paling berharga adalah kaviar sturgeon albino beluga Iran, sering disebut sebagai kaviar "Almas".

Telur untuk kaviar Almas diekstraksi dari sturgeon beluga albino langka yang hanya ditemukan di perairan murni Kaspia dan laut hitam. Ikan sturgeon ini biasanya berumur antara 60 dan 100 tahun, ikan yang lebih tua lebih suka memiliki telur yang lebih aromatik dan lembut.

Kaviar dari sturgeon albino sterlet yang ditangkap di Belgia juga berwarna putih, mirip dengan kaviar beluga putih. Telur sturgeon steril biasanya menempati urutan kedua setelah telur sturgeon beluga yang cenderung memiliki rasa yang lebih lembut dan lebih kaya; hal yang sama berlaku untuk variasi putih dari ikan albino.

Ikan sturgeon albino jarang ditemukan di alam liar, terjadi pada sebagian kecil sturgeon karena kelainan genetik yang menghambat produksi melanin. Kelangkaan sturgeon albino telah membuatnya menjadi makanan lezat yang dinikmati oleh segelintir orang yang mampu membayar dengan harga selangit yang bisa mencapai puluhan ribu dolar per kilo - hampir tiga kali lipat harga kaviar sturgeon beluga hitam. Kaviar putih dari ikan beluga Iran, kaviar Almas, secara resmi menjadi makanan termahal di dunia, menurut Rekor Dunia Guinness.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]