Ini Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah


Sabtu, 28 November 2020 - 04:55:46 WIB
Ini Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Ilustrasi Sholat Subuh berjamaah

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Berbagai keutamaan terkandung dalam pelaksanaan Sholat Subuh berjamaah. Sebelum siap menjalankan hari, melaksanakan Sholat Subuh berjamaah menjadi sebuah ladang pahala yang akan diperoleh.

Sebagai seorang umat muslim, selayaknya mengharapkan keberkahan atas amalan yang dikumpulkan setiap harinya.

Baca Juga : Kabar Gembira, Nadiem Lanjutkan Subsidi Kuota Internet Gratis Sampai Mei

Dikutip dari buku "Pejuang Subuh" pada Sabtu (28/11/2020), berbagai keutamaan yang didapat dari pelaksanaan Sholat Subuh berjamaah seperti berikut :

Sholat Subuh berjamaah pahalanya bagaikan sholat sepanjang malam

Baca Juga : Bantu Mahasiswa Penelitian di Masa Pandemi, STIKes Alifah Gelar Kuliah Pakar

"Barang siapa yang Sholat Isya berjamaah maka seolah-olah dia telah Sholat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang Sholat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah Sholat seluruh malamnya." (HR. Muslim no. 656)

Sholat Subuh membuat seseorang dijauhkan dari sifat munafik dan sifat buruk lainnya

Baca Juga : Politeknik Negeri Padang Launching Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional

"Sholat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah Sholat Isya dan Sholat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan medatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga Sholat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri Sholat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka." (HR.Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651)

Sholat Subuh adalah kunci pembuka rezeki terbaik. "Seusai Sholat fajar (Subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki." (HR. Thabrani)

Baca Juga : Maya Nabila, Dara Minang yang Menjadi Mahasiswa Termuda Program S3 ITB 

"Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan." (HR. Thabrani dan Al-Bazzar)

Keutamaan Sholat Subuh berjamaah memberikan sebuah cerminan bagi diri untuk terus berusaha memperbanyak amalan baik. Timbangan amal kebaikan itulah yang akan menuntun menuju tempat terbaik-Nya (surga). (*)

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]