Tekan Penularan Covid-19, Puskesmas Tarusan Kampanyekan GM3


Sabtu, 28 November 2020 - 09:00:35 WIB
Tekan Penularan Covid-19, Puskesmas Tarusan Kampanyekan GM3 Tekan Penularan Covid-19, Puskesmas Tarusan Kampanyekan GM3

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Mencegah penularan Covid-19, dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Puskesmas Tarusan mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Memakai Masker (GM3) kepada masyarakat. Kampanye GM3 yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas, Jon Hendra dilakukan di pasar pagi di Nagari Nanggalo termasuk kepada pengendara yang melintas di depan puskesmas. 

“Ini merupakan bagian dari promosi kesehatan kepada masyarakat umum terkait adaptasi kebiasaan baru disaat pandemi COVID-19 sesuai dengan protokol kesehatan," ujarnya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Sabtu (28/11).

Baca Juga : Dibanding Tahun Lalu, Produksi Jagung di Agam Tahun 2020 Menurun

Hal tersebut merupakan upaya puskesmas untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi anjuran pemerintah selama pandemi COVID-19 untuk memakai masker serta upaya puskesmas untuk melaksanakan Germas dengan mengajarkan masyarakat selalu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Menurutnya faktor perilaku dan lingkungan memiliki pengaruh yang besar terhadap upaya pencegahan dan pembatasan penularan infeksi.

“Oleh karena itu, implementasi Germas, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penerapan protokol kesehatan di setiap tatanan perlu didorong, dibina, dipantau dan dievaluasi secara terus-menerus dengan koordinasi dan kerjasama lintas sektor sehingga hal ini menjadi adaptasi kebiasaan baru di masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga : Alhamdulillah! Tahun 2020 Agam Surplus Beras 120.000 Ton

Menerangkan salah satu tindakan promotif yang dilakukan oleh Puskesma sesuai perintah Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan promosi serentak GM3  dengan melakukan kegiatan Germas di dalam maupun di luar gedung.

“Di dalam gedung dilakukan penerapan protokol kesehatan bagi karyawan maupun masyarakat yang berkunjung, dengan pemberian masker dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Sedangkan di luar gedung, melakukan Kampanye GM3 sekaligus promosi Germas dengan pembagian masker dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT),” pungkasnya.(*)

Baca Juga : Solsel Rawan Banjir, Angka Kebutuhan Drainase Belum Terukur

 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]