Total Pengerjaan Tanggul Pengaman Tebing Sungai Batang Kamumuan Capai 1 KM


Sabtu, 28 November 2020 - 09:39:06 WIB
Total Pengerjaan Tanggul Pengaman Tebing Sungai Batang Kamumuan Capai 1 KM Bahagian alur sungai batang kamumuan nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir dengan  tanggul yang sudah dikerjakan. trisnaldi

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pekerjaan tanggul pengaman tebing Sungai Batang Kamumuan di Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, masih terus berlangsung.
   
Tanggul tersebut sudah selesai lebih kurang 1 Km dari 1,2 Km rencananya.
    
"Kondisi cuaca tak menentu, terkadang membuat pekerjaan harus dihentikan, ada kalanya banjir, debit air tinggi dan arusnya deras", kata Wali Nagari Koto Tinggi Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Limau, Amizuir Dt. Tansati kepada harianhaluan.com, Sabtu (28/11-2020).
    
Dampak debit air di sungai batang kamumuan tinggi dan deras, sebagaian tanggul yang sudah dikerjakan, ada yang tergerus.
   
Gerusan itu tampak pada bahagian -bahagian tikungan aliran sungai namun tidak sampai meluber ke areal pertanian masyarakat.
    
Keberadaan tanggul yang sudah dibuat, dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan petani, terutama pada areal pertanian yang sebelumnya jadi langganan banjir, kini tidak lagi.
    
Soal tanggul yang tergerus, dari pihak PU kabupaten Padang Pariaman siap untuk memperbaikinya, apalagi pekerjaan masih belum selesai.
   
Diantara lokasi tanggul yang tergerus itu di dekat Surau Anak Air Dingin, disini juga area tikungan sungai.
   
Disebutkan Amizuir Dt. Tansati, sekarang, alat berat masih bekerja, dua unit ekskavator dan satu buldozer.
   
Aliran batang kamumuan yang sudah dibuatkan tanggulnya, tampak lebih rapi dan indah, sungaipun menjadi lebar rata-rata 80 meter lebih kurang, sebelumnya tak teratur.(*)

 

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur Sumbar Pamitan dan Minta Maaf

Reporter : Trisnaldi | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]