Sumbar Siap Ekspor 15 Ton Ikan Kerapu ke Hongkong


Sabtu, 28 November 2020 - 12:41:45 WIB
Sumbar Siap Ekspor 15 Ton Ikan Kerapu ke Hongkong Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat panen ikan kerapu di kawasan Mandeh.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Sumbar segera mengekspor ikan kerapu, sebagai salah satu komoditas unggulan di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan volume 15 ton ke Hongkong. Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yakin program budidaya ikan kerapu sangat membantu masyarakat dan mampu menumbuhkan kemandirian ekonomi nelayan.

"Rencananya hasil ikan kerapu ini akan diekspor ke Hongkong, semuanya sudah siap kirim. Mudah-mudahan usaha budidaya ikan kerapu terus berkembang dan bisa melibatkan masyarakat setempat," kata Irwan Prayitno, kemarin.

Baca Juga : Dhanni Hariyona Mendaftar Jadi Caketum HIPMI Sumbar

Irwan mengatakan, budidaya ikan kerapu dapat menjadi program unggulan masyarakat Kawasan Mandeh karena sangat cocok dengan kondisi dan sumber daya yang dimiliki serta jaminan dan kepastian pasar. Selain di kawasan Mandeh, ada juga budidaya ikan kerapu yang siap panen di daerah Kepulauan Mentawai dan Painan.

“Alhamdulillah, meskipun kita sedang dilanda Pandemi Covid-19, hari ini kita panen ikan kerapu yang memiliki kualitas ekspor," ungkap Irwan.

Baca Juga : Pacu Percepatan Ekonomi Masyarakat, DPM Dharmasraya Upayakan Pembenahan Bumnag

Pada masa pandemi Covid-19, Irwan meminta masyarakat untuk terus berproduktif, selalu tingkatkan kualitas, agar mampu bersaing dan sukses. 

"Terobosan harus kita buat, apalagi dalam kondisi pandemi, kita motivasi para nelayan, selain terus kelaut, mereka juga bisa budidaya ikan kerapu yang jelas sangat menguntungkan," ucap Irwan.

Baca Juga : Pemkab Agam Bolehkan Upacara Adat dan Pesta, Tapi Harus Sesuai Prokes

Karena peluang pasar ikan kerapu sangat banyak dengan jumlah besar, oleh karena itu pemerintah Sumbar sangat mendukung ekspor ikan kerapu. Selain itu, Irwan meminta pada pemiliki budidaya ikan kerapu (Adhi Putra) untuk membantu para nelayan yang ingin budidaya ikan kerapu berupa bibit dan pakan serta memberikan pembinaan kepada nelayan, agar nanti sukses dalam budidaya ikan kerapu.

"Kerjasama ini sering dilakukan, nanti kalau ikannya sudah besar bisa dibeli sama Adhi, ataupun dengan cara bagi hasil," jelas Irwan.

Baca Juga : Sah! Lewat Sidang Pleno, KPU Tetapkan Andriwarman-Iwan Fikri Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam

Irwan juga yakin program ini sangat membantu masyarakat dan mampu menumbuhkan kemandirian ekonomi mereka.

"Kita berharap dengan adanya budidaya ikan kerapu bisa meningkat  dan yang terpenting para nelayan Kawasan Mandeh bisa mendorong kemandirian ekonomi masyarakat dan bisa jadi program unggulan," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]