Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan, Bisa Menyembuhkan Anemia


Ahad, 29 November 2020 - 01:57:00 WIB
Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan, Bisa Menyembuhkan Anemia Foto pixabay

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Apakah Anda tahu apa saja manfaat biji nangka. Mungkin banyak dari kita yang memakan nangka kemudian membuang bijinya, karena tidak tahu apa manfaatnya. Padahal manfaat biji nangka untuk kesehatan dan kecantikan sangat luar biasa.

Dikutip dari Sahijab dari NDTV, Minggu (29/11/2020), protein dan mikronutrien penting lainnya dalam biji nangka diketahui dapat mencegah penyakit kulit. Dan zat besi yang dikandungnya, meningkatkan kesehatan darah dan mengobati anemia. Biji nangka yang rasanya seperti kentang saat direbus, juga bagus untuk mata.

Lalu apa saja manfaat dari biji nangka yang luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan? Yuk kita simak saja.

Manfaat Biji Nangka

1. Menyembuhkan anemia

Biji nangka kaya akan zat besi, yang merupakan komponen penting dari hemoglobin. Kadar zat besi yang cukup dapat mengobati anemia dan mencegah kelainan darah. Zat besi juga meningkatkan produksi sel darah merah, yang pada akhirnya meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pengobatan tradisional menunjukkan bahwa, bubuk biji nangka dapat mengobati sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Biji nangka kaya akan serat makanan, yang membuatnya sangat penting untuk kesehatan pencernaan.

3. Memperbaiki masalah penglihatan

Biji nangka juga mengandung vitamin A, nutrisi yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja. Sehingga biji nangka juga dapat mencegah katarak dan degenerasi makula.

4. Membangun otot

Protein dalam biji nangka dapat membantu membangun otot. Protein sangat diperlukan tubuh untuk membangun otot yang kuat dan juga sehat, dan konsumsi biji nangka dengan rutin bisa menyediakan kebutuhan protein bagi tubuh.

5. Melawan keriput

Antioksidan dalam buah dn biji nangka dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, sehingga mengurangi kerutan. Anda perlu menggiling biji nangka sampai menjadi pasta. Oleskan pasta ini ke wajah secara teratur, sekali atau dua kali sehari.

6. Menjadikan kulit glowing

Anda bisa merendam biji nangka dalam susu dan madu untuk tujuan ini. Giling ketiga bahan ampai menjadi pasta. Oleskan secara merata ke wajah. Biarkan pasta hingga benar-benar kering. Cuci bersih dengan air hangat.

7. Melebatkan pertumbuhan

Rambut Di sinilah vitamin A berperan, lagi. Mencegah rambut rapuh. Protein kaya dalam biji nangka juga meningkatkan kesehatan rambut. Zat besi dalam biji nangka meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, dan ini adalah cara lain mereka berkontribusi pada kesehatan rambut. (*)

Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]