5 Aplikasi untuk Webinar, Dijamin Lancar


Ahad, 29 November 2020 - 04:33:09 WIB
5 Aplikasi untuk Webinar, Dijamin Lancar Foto: Istimewa

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak sekali yang berubah tahun 2020 ini. Terutama dengan munculnya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi kehidupan sosial manusia secara keseluruhan.

Pandemi memaksa kita semua untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan yang dapat memicu penyebaran semakin masif. Alhasil mayoritas kegiatan yang biasanya dilakukan di suatu tempat harus dilakukan di rumah masing-masing.

Tak terkecuali seminar, yang biasanya dilakukan di satu tempat dengan mengumpulkan banyak orang. Tidak ketinggalan kegiatan belajar mengajar sekolah umum.

Aplikasi Untuk Webinar

Namun beruntung karena kini semua serba online, sehingga inovasi pun bermunculan dengan terciptanya satu tren baru yakni webinar.

Webinar dapat memungkinkan masyarakat mengikuti sebuah seminar dengan tema tertentu hanya melalui layar komputer, smartphone, atau laptop di rumah masing-masing. Sehingga mengurangi risiko penyebaran virus dengan adanya perkumpulan banyak orang.

Sepeerti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Minggu (29/11/2020), penasaran apa saja aplikasi tersebut? Tanpa berlama-lama langsung saja kita ke pembahasan.

1. Aplikasi Untuk Webinar ezTalks

Rekomendasi aplikasi yang pertama adalah ezTalks. Aplikasi ini tersedia secara gratis juga ada versi premium yang berbayar. ezTalks sangat recommended untuk digunakan dalam kegiatan webinar kamu dikarenakan fitur penunjang yang sangat lengkap.

Beberapa fitur tersebut antara lain file sharing, chat, berbagi layar, serta fitur multi perangkat.Namun perlu diketahui bahwa meskipun gratis, ezTalks tidak bisa digunakan secara bebas. Pengembang membatasi durasi yang hanya 40 menit selama satu kali webinar, serta sejumlah fitur-nya dibatasi hanya untuk versi premium. 

2. Zoom

Siapa tak kenal Zoom. Aplikasi ini semakin dikenal masyarakat setelah pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh antero dunia. Zoom semakin digandrungi masyarakat sesuai peruntukkannya yakni sebagai aplikasi yang memfasilitasi pertemuan secara online, tak terkecuali webinar.

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak sekali digunakan. Selain mudah dan relatif ringan bagi perangkat, ada beberapa fitur penunjang yang sangat membantu berjalannya webinar. Fitur tersebut antara lain berbagi layar, file sharing, chat, dan masih banyak lagi.

Zoom dapat digunakan secara gratis, hanya saja dibatasi durasi penggunaannya yakni berkisar 40 menit dalam satu kali meeting. Meski begitu, aplikasi masih bisa menampung peserta webinar hingga 100 orang.

3. Google Meet

Sebagai salah satu perusahaan start-up yang sangat dikenal dengan berbagai produk perangkat lunaknya, Google juga tak ketinggalan untuk menciptakan sebuah aplikasi meeting online yakni Google Meet. Namun terkadang aplikasi ini memiliki nama Hangouts Meet.

Ada beberapa fitur yang dapat mendukung kegiatan webinar kamu antara lain fitur berbagi layar, serta ruang chat untuk berdiskusi. 

4. Cisco Webex

Selanjutnya adalah aplikasi yang cukup populer yakni Cisco Webex. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu bisa melakukan pertemuan dengan melibatkan 3000 bahkan hingga 40.000 peserta. Bahkan kamu bisa melakukan pelatihan (termasuk pengujian dan penilaian) yang melibatkan 1000 peserta.

Cisco Webex  juga memberikan keleluasaan kepadamu untuk menentukan siapa yang dapat mengakses webinar serta menyiapkan sebuah pertemuan pribadi. Fitur yang tersedia pun cukup lengkap, bahkan mencakup kebutuhan yang teknis.

5. LiveStorm

Dan rekomendasi aplikasi webinar yang terakhir adalah LiveStorm. Tidak hanya Webinar, kamu bisa menggunakannya untuk meeting serta kursus online. Hanya saja, LiveStorm dengan versi terendah hanya bisa digunakan oleh 8 peserta saja.

Meski begitu LiveStorm tetap menyediakan berbagai fitur yang mendukung kebutuhan webinar kamu. Bahkan satu kelebihan dari aplikasi ini yakni adanya enkripsi yang dapat menjamin keamanan data seluruh peserta.

Tips Memilih Aplikasi Webinar

Ada pun beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih aplikasi webinar yang tepat untuk kamu gunakan.

- Pertimbangkan aspek kemudahan dalam penggunaan aplikasi.

- Usahakan mencari aplikasi yang bersahabat dengan spesifikasi perangkat yang dimiliki.

- Jika penggunaan aplikasi tidak intens, maka usahakan menggunakan aplikasi webinar yang gratis.

- Pertimbangkan pula fitur yang mendukung kebutuhan webinar kamu. (*)

Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]