Pemkab Pessel Targetkan Pembangunan 1.313 Rumah Milik Warga Berpenghasilan Rendah Tuntas Desember 2020


Ahad, 29 November 2020 - 09:20:21 WIB
Pemkab Pessel Targetkan Pembangunan 1.313 Rumah Milik Warga Berpenghasilan Rendah Tuntas Desember 2020 Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Pessel, Vionna Mirzal

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan pembangunan 1.313 rumah milik warga berpenghasilan rendah tuntas Desember tahun 2020 ini. Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Pessel, Vionna Mirzal mengatakan meski sedang pandemi target tersebut harus tetap terealisasi.

"Meski di tengah pandemi Covid-19 namun progres proyeknya sesuai target, dan kami memperkirakan tuntas di Desember tahun ini,” katanya, dikutip website resmi Pemkab Pessel, Minggu (29/11).

Baca Juga : Nutrisi Alami Laa Roiba Dapat Percepat Panen Padi hingga Pepaya

Ia menjelaskan anggaran pembangunan rumah berasal dari dua sumber, yakni Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan DAK Cadangan Perumahan di Kementerian Keuangan.  Khusus anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ditujukan untuk membangun 1.145 unit rumah, sementara anggaran dari Kementerian Keuangan membangun 168 rumah.

Kata dia, khusus proyek pembangunan 1.145 rumah sudah tuntas dan 168 rumah lainnya masih berlangsung. Biaya pembangunan rumah dari dua sumber sama, yakni Rp 17,5 juta per unit lengkap dengan biaya pembelian material dan upah tukang. Pada pelaksanaannya, proyek rehabilitasi rumah didampingi tenaga fasilitator untuk memastikan ketepatan program.

Baca Juga : Hingga Besok, Gelombang Air Laut di Perairan Sumbar Bisa Mencapai Ketinggian...

"Di lapangan tenaga fasilitator membentuk kelompok penerima manfaat guna mendukung pelaksanaan proyek, seperti menentukan toko pembelian material hingga survei harga dan lain sebagainya," jelasnya.

Secara keseluruhan jumlah rumah tidak layak huni di daerah setempat berjumlah 10.958 unit dan sekitar 6.800 diantaranya telah direhabilitasi dan dibangun sejak 2017 hingga 2019.(*)

Baca Juga : Leonardy Tegaskan Penggunaan Anggaran untuk Pembangunan

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]