Pilkada 9 Desember Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional


Ahad, 29 November 2020 - 17:32:28 WIB
Pilkada 9 Desember Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional Joko Widodo

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional. Hal tersebut tertuang pada keputusan presiden (Kepres) nomer 22/2020 tentang hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil walikota 2020 sebagai hari libur nasional.

"Menetapkan hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak," dalam peraturan tersebut dikutip merdeka.com, Minggu (29/11).

Baca Juga : Lima Kali Ledakan Terjadi Selokan di Depan SPBU Margomulyo Surabaya

Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu 27 November 2020. Dalam Kepres tersebut juga tertulis salah satu pertimbangan untuk menjadikan 9 Desember sebagai libur nasional yaitu sebagai bentuk pemberian kesempatan bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya.

Kemudian, merujuk pada Pasal 84 ayat (3) UU nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan UU nomor 6 Tahun 2020, maka hari pemungutan suara harus dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Baca Juga : Wah! Wanita yang Terseret Mobil Ternyata Istri Pimpinan DPRD Sulut

Diketahui Pilkada 2020 akan menyerentakkan 270 pemilihan dalam satu hari. Sebanyak 100.359.152 pemilih di 309 kabupaten/kota akan terlibat dalam pilkada kali ini.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengimbau calon kepala daerah untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Dia juga meminta agar para paslon mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan saat hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga : Jadi Korban Rasisme, Pigai Mengadu ke Menhan AS

"Saya mohon masih sisa 25 hari kampanye ini sesuaikan dengan protokol kesehatan, gunakan hak pilih dan jangan sampai salah pilih karena menyesalnya bisa empat atau lima tahun," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/11).

Dia mengingatkan para paslon agar selalu mengingat integritas dan komitmen untuk mengabdi kepada masyarakat.

Baca Juga : Polisi Olah TKP di Medan Pekan Depan Terkait Kasus Video Mesum Gisel

"Kalau saya menyarankan kembali ke komitmen ketika menjadi kepala daerah, kalau di pikiran kita mencari kekayaan atau pujian saya kira lupakan, karena nanti bermasalah. Jadilah pemimpin daerah yang mengabdi dan bermanfaat bagi orang banyak," ujarnya.

Tidak hanya itu, mantan Kapolri itu juga meminta calon kepala daerah untuk memanfaatkan momentum Pilkada ini dengan memilih tema debat seputar penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya. Sebab nantinya para calon jika terpilih akan merasakan memimpin saat pandemi.

"Sebagian masa jabatan Bapak/Ibu berhadapan dengan masalah pandemi bagaimana menghadapi ekonomi yang stagnan di daerah masing-masing karena ada pembatasan," ungkapnya.

Tito menjelaskan tanpa mengendalikan Covid-19 maka semua program ekonomi, sosial, politik dan lain-lain tidak akan berjalan. Tidak hanya itu, dia mengingatkan, calon kepala daerah agar berkampanye menggunakan cara-cara cerdas.

"Seperti pembagian masker dengan gambar pasangan calon, handsanitizer dengan pemasangan stiker atau nomor pasangan calon sehingga elektabilitas calon kepala daerah bisa meningkat tanpa melanggar, dan diharapkan terjadi penurunan penyebaran Covid-19 di daerah," tutupnya. (*)

Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 15:59:04 WIB

    Lima Kali Ledakan Terjadi Selokan di Depan SPBU Margomulyo Surabaya

    Lima Kali Ledakan Terjadi Selokan di Depan SPBU Margomulyo Surabaya Ledakan kecil sebanyak lima kali terjadi di satu selokan di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Margomulyo di Jalan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu malam, 24 Januari 2021. Apara.
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 15:29:27 WIB

    Wah! Wanita yang Terseret Mobil Ternyata Istri Pimpinan DPRD Sulut

    Wah! Wanita yang Terseret Mobil Ternyata Istri Pimpinan DPRD Sulut Dari narasi di medsos yang beredar, disebutkan wanita yang menghadang mobil tersebut adalah Michaela Elsiana Paruntu. Sementara pria yang ada di dalam mobil adalah pimpinan DPRD Sulut James Arthur Kojongian..
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 15:15:46 WIB

    Jadi Korban Rasisme, Pigai Mengadu ke Menhan AS

    Jadi Korban Rasisme, Pigai Mengadu ke Menhan AS Natalius Pigai menjadi korban serangan dugaan rasisme usai mengunggah pendapat soal vaksin Sinovac. Pigai mengadukan hal tersebut ke Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin..
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 15:09:12 WIB

    Polisi Olah TKP di Medan Pekan Depan Terkait Kasus Video Mesum Gisel

    Polisi Olah TKP di Medan Pekan Depan Terkait Kasus Video Mesum Gisel Polda Metro Jaya akan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) terkait kasus video mesum artis Gisella Anastasia bersama dengan Michael Yukinobu Defretes atau Nobu yang sempat viral di media sosial. Keduanya sudah menjadi.
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 13:52:05 WIB

    Benarkah? Pemilik Sim C Dapat BLT Rp900 Ribu

    Benarkah? Pemilik Sim C Dapat BLT Rp900 Ribu Beredar kabar bahwa pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Kabar itu menyebut pemilik SIM C dapat BLT sebagai stimulus di tengah pandemi COVID-19..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]