Dosen Politeknik ATI Padang Bedah Buku Konsep Supply Chain Management Agroindustri


Senin, 30 November 2020 - 12:16:57 WIB
Dosen Politeknik ATI Padang Bedah Buku Konsep Supply Chain Management Agroindustri Dosen Politeknik ATI Padang, Dedet Deperiky saat bedah buku pada webinar series bedah buku ke-3 Politeknik ATI Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politeknik ATI Padang menggelar acara Webinar Series Bedah Buku. Bedah buku ini menghadirkan penulis best seller sekaligus Dosen Politeknik ATI Padang, Dedet Deperiky. Pada kesempatan itu, Dedet memaparkan konsep supply chain management agroindustri.

Dedet menerangkan, dari buku yang diterbitkan dapat dilihat bahwa supply chain management harus dikaji dari pendekatan sistem. Artinya dalam prosedur itu digunakan untuk memecahkan masalah secara komprehensif dan melakukan analisis penyelesaian secara tersistem.

Baca Juga : Mendikbud: Pelaksanaan Asesmen Nasional Diundur Jadi September 2021

"Nah, saya membuat buku konsep supply chain management industri dibagi menjadi dua, satu sisi berbicara manajemen, dan satu sisi lagi berbicara teknologi. Artinya bagaimana proses management dalam rantai pasok, dan bagaiamana proses teknologi didalam rantai pasok," kata Dedet saat Webinar Bedah Buku ke-3 Politeknik ATI Padang, dilansir Youtube Politeknik ATI Padang, Senin (30/11/2020).

Dedet menyebutkan, pada bab 1 dirinya hanya membahas pendekatan sistem yang lebih terlihat secara management dan teknologi. Dalam berpikir supply chain management ada tiga yang ditawarkannya didalam buku tersebut.

Baca Juga : Beri Klarifikasi soal Siswi Non-Muslim Diminta Pakai Jilbab, Kepsek SMK 2 Padang: Kami Tidak Pernah Memaksa

"Berbicara sistem supply chain, pertama sekali sangat kompleksitas. Contohnya, roti yang kita konsumsi sangat melewati proses supply chain yang sangat kompleksitas, bagaimana tepungnya, kemasannya," ujar Dedet.

Dedet menuturkan, apalagi di Indonesia sangat banyak umat muslim dan ciptakannya sertifikasi halal dari MUI. Ini proses yang sangat banyak dari rantai pasok tersebut. Kedua bersifat fleksibelity adalah kemampuan masyarakat untuk melihat prokesting. Ketiga, pengambilan keputusan.

Baca Juga : Jangan Lupa! Politeknik Negeri Padang Gelar Sosialisasi SNMPN Senin Depan

"Didalam buku konsep suppy chain management saya membagi tiga ini saja, kompleksitas, fleksibelity, dan pengambilan keputusan. Menjadi novelty terbaru dari buku ini, ada semacam bahwa berpikir sistem didalam supply chain managemet sangat pentingi didalam pengambilan keputusan," jelas Dedet.

Dedet memaparkan perbedaan supply chain dan suppy chain management. Berbicara supply chain adalah jaringan perusahaan yang nantinya mendiskusikan dari satu produk ke managemen akhir. Sedangkan supply chain management adalah tingkat pengelolahan.

Baca Juga : Surni Yanti: Lulusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang Dibutuhkan di Hotel

"Sehingga kalau kita coba melakukan semacam olah literatur, bahwa kalau supply chain adalag jaringan fisik atau kolaborasi perusahaan yang terlibat didalam memasok bahan baku. Kalau supply chain management adalah bagaimana supply chain itu sebagai metode dalam pendekatan pengelolahan," terang Dedet.

Dedet menegaskan bahwa supply chain management bukan termasuk sofware ataupun hardware. Melainkan banyak software yang menggunakan prinsip suppu chain didalam mendukung kegiatan operasional bisnisnya. Maka supply chain management itu adalah metode.

"Apakah ada softwarenya? Itu jelas tidak ada tapi banyak software yang menggunakan proses supply chain management dalam mendukung kegiatan-kegiatan operasional. Itu yang menjadi perhatian khusus kita didalam memahami konsep supply chain management," jelas Dedet.

Lebih lanjut, kata Dedet, didalam konsep supply chain itu bagaimana mengelola produk yang sangat efektif dan efisien dengan semanngat kolaborasi sehingga nantinya menghasilkan nilai tambah didalam melakukan kegiatan operasional. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]