Launching Buku Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat, Kolom Tetap Berinovasi di Tengah Pandemi


Senin, 30 November 2020 - 14:27:32 WIB
Launching Buku Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat, Kolom Tetap Berinovasi di Tengah Pandemi Launching Buku Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Tidak kurang dari 25 naskah cerita rakyat Sawahlunto, yang dihimpun Komunitas Literasi Ombilin (Kolom) melalui sayembara, akhirnya dilaunching.

Buku yang mengangkat tema Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat itu, mampu menjawab bahwa pandemi Covid-19, tidak menghalangi masyarakat penulis untuk tetap berkarya.

"Semangatnya, tetap berinovasi dan berkarya di tengah pandemi," ungkap Ketua Komunitas Literasi Ombilin (Kolom), Armadison kepada Harianhaluan.com, Senin (30/11).

Dalam pelaksanaan sayembara, ungkap pria yang akrab disapa Cong itu, sedikitnya masuk 67 naskah dari 65 penulis, mulai dari Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Kalimantan, Batam, hingga Thailand.

GM PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon mengatakan, perusahaannya sangat mensupport kegiatan yang digelar Komunitas Literasi Ombilin. "Sawahlunto masih memiliki banyak cerita rakyat yang dapat digali dan dibukukan. Ini kegiatan yang luar biasa," katanya.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta pada saat yang sama sangat mengapresiasi langkah Komunitas Literasi Ombilin, yang tetap bisa berkreasi di tengah pandemi Covid-19.

"Sangat luar biasa, dengan biaya yang minim, Komunitas Literasi Ombilin masih bisa berkreasi di tengah pandemi," ujarnya.

Deri Asta juga mengungkapkan, buku Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat juga bisa menjadi bagian penting dalam mendukung sektor pariwisata.
Buku yang terdiri dari 174 halaman itu, dapat menjadi cenderamata bagi tamu pemerintah serta wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto.
Lounching buku Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat juga diikuti Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar, Drs. Suarman, akademisi Antropologi FISIP Universitas Andalas, Fajri Rahman, S.Sos, MA, Pegiat Literasi Sumbar, Muhammad Subhan, yang dimoderatori moderator Annisa Anindya, S.I. Kom, M.Si staf pengajar FISIP Unand.

Yang tidak kalah serunya, launching buku juga mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Sawahlunto maupun perantau. Persatuan Perantau Muda Sawahlunto (Parmato) melalui Novendra Hidayat, hadir langsung dalam lounching tersebut. "Kehadiran buku ini akan memberikan warna baru bagi pariwisata Sawahlunto ke depan," katanya.

Selain itu, kandidat doktor yang juga akademisi di salah satu perguruan tinggi di Bangka Belitung itu meyakini, kehadiran buku tersebut, akan menumbuhkan semangat literasi di tengah masyarakat Sawahlunto sendiri.

Melalui aplikasi zoom meeting, launching yang berjalan selama tiga jam itu, dihadiri pegiat literasi, seniman lokal Sawahlunto, termasuk HIPMI Sawahlunto. (*)

Teks Foto :
Lounching buku Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat. (Foto: Fadil)

Reporter : Fadilla Jusman | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]