Ditangkap KPK karena Kasus Ekspor Lobster, Fadel Muhammad: Perbuatan Edhy Prabowo Memalukan!


Senin, 30 November 2020 - 16:11:46 WIB
Ditangkap KPK karena Kasus Ekspor Lobster, Fadel Muhammad: Perbuatan Edhy Prabowo Memalukan! Fadel Muhammad ketika menyampaikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-33 Fakultas Pertanian Unand Padang, di kampus Unand Limau Manis Padang, Senin (30/11/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menyebut perbuatan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus ekspor lobster atau benur adalah memalukan.

"Saya sangat prihatin dan ini sebuah kecelakaan yang memalukan, tidak saja mencoreng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tapi juga mencoreng bangsa ini di mata Internasional," tegas Fadel menjawab pertanyaan Harianhaluan.com usai menyampaikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-33 Fakultas Pertanian Unand Padang, di kampus Unand Limau Manis Padang, Senin (30/11/2020).

Baca Juga : Sebanyak 1.805 Nakes di Kabupaten Pessel Ditargetkan Selesai Divaksin Januari 2021

Fadel tidak mempersoalkan kebijakan ekspor benih lobster yang dibuat Edhy Probowo. Persoalannya adalah adanya kepentingan pribadi pejabat dalam bisnis ekspor benih lobster tersebut.

Karena itu Fadel setuju-setuju saja dengan kebijakan ekspor benih lobster tersebut dengan aturan yang jelas, seperti dibatasi dalam jumlah tertentu.

Baca Juga : Update Kasus Covid-19 di Kabupaten Pessel, 12 Positif dan 2 Sembuh

"Saya dulu juga pernah bikin ekspor ikan kerapu. Menurut saya sah-sah saja, yang tidak benar adalah ketika mereka membuat komitmen buat pribadi-pribadi mereka," kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Seperti diketahui Menteri KP Edhy Prabowo ditanggap KPK di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Edhy ditangkap bersama istri dan sejumlah pejabat sepulangnya dari kunjungan kerja di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Baca Juga : BMKG: Cuaca di Sejumlah Wilayah Sumbar Merata Hujan Ringan Siang-Sore Ini

Kemudian KPK Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait perizinan tambak, usaha, atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020. (*)
 

Reporter : Syafril Amir | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]