Dari 13.600 Anggota KPPS di Rapid Tes, 469 Orang Dinyatakan Reaktif


Senin, 30 November 2020 - 18:23:18 WIB
Dari 13.600 Anggota KPPS di Rapid Tes, 469 Orang Dinyatakan Reaktif Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan jadwalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menggelar rapid tes terhadap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sesuai ketetapan, rapid dilakukan menjelang hari-H pencoblosan Pilkada serentak 2020.

"Ya, sebanyak 13600 KPPS telah menjalani rapid tes. Hasilnya, 469 orang diantaranya dinyatakan reaktif Covid-19," ujar Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

Untuk tindakan selanjutnya, kata dia, kepada petugas KPPS yang dinyatakan reaktif, telah dilakukan tes PCR swab. Kemudian hasil PCR Swab sebagiannya sudah keluar hasilnya.

"Hasil PCR Swab telah keluar hasilnya telah dinyatakan negatif. Namun untuk sebagiannya lagi belum keluar dan masih menunggu hasil dari labolatorium," terang Riki lagi.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

Ditambahkannya, jika sebagian yang belum keluar itu hasilnya positif, maka tidak boleh melakukan untuk melaksanakan proses pemilihan sampai hasilnya negatif. Kemudian bagi yang positif tidak akan ada pergantian, karena masih memungkinkan untuk melaksanakan pemilihan.

"Jumlah dalam satu KPPS sebanyak tujuh orang, jika terdapat dua petugas yang terjangkit Covid-19, maka masih diperbolehkan menjalankan tugas hanya dengan 5 orang saja," tutupnya. (*)

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]