Terbukti Bersalah Melakukan Pelanggaran Administrasi, NA-IC Tak Kunjung Tarik Kalender Berlogo PKS


Senin, 30 November 2020 - 20:20:41 WIB
Terbukti Bersalah Melakukan Pelanggaran Administrasi, NA-IC Tak Kunjung Tarik Kalender Berlogo PKS Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy, Miko Kamal Cs

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Tim Pasangan Calon (Paslon) Nasrul Abit-Indra Catri akui kesalahan terkait pelanggaran administrasi yang dilakukan. Diketahui, paslon NA-IC dilaporkan tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy tentang penggunaan logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kalender yang bersangkutan. 

Laporan yang diwakili oleh Muhammad Taufik ke Bawaslu Sumbar pada 18 November 2020, yang terdaftar dalam nomor 02/Reg/LP/PG/Prov/03.00/XI/2020. Terhadap laporan itu, Bawaslu Sumbar telah menyatakan bahwa itu termasuk pelanggaran administrasi.

"Pelanggaran adminitrasi pemilihan itu disampaikan melalui Surat Pemberitahuan Tentang Status Laporan tanggal 23 November 2020, bahwa tim NA-IC mengkonfirmasi melalui media bahwa mereka teledor, dan akan menghentikan serta menarik kalender tersebut dari peredaran," ujar M Taufikl, selaku Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy, Senin (30/11/2020).

Ditambahknnya, kepada Bawaslu telah dinyatakan tim NA-IC akan menarik kalender tersebut, namun kepada pelapor, terlapor belum mengkonfirmasi atas eksekusi pelaksanaan pemberhentian dan penarikan bahan kampanye tersebut.

"Jika belum atau tidak dilaksanakan, maka hal ini merupakan bentuk ketidaktaan terhadap hukum pelanggaran pemilu," sebutnya lagi.

Hal serupa juga disampaikan Kuasa Hukum lainnya yakni Miko Kamal bahwa sebagai tim Mahyeldi-Audy menyatakan bahwa secara subtansial dengan terbuktinya pelanggaran administrasi pemilihan ini membuktikan bahwa tim NA-IC telah melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan pemilih Sumbar menjadi terkecoh.

"PKS jelas telah mendukung paslon Paslon Mahyeldi-Audy dan kami berharap Bawaslu lebih serius dalam menindaklanjuti pelanggaran dan penegakan hukum yang terjadi, khususnya yang telah diputuskan melanggar oleh Bawaslu," tutup Miko. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]