Usai Berunding dengan AS, Raja Salman Berikan 'Kado' Istimewa kepada Israel


Selasa, 01 Desember 2020 - 08:57:06 WIB
Usai Berunding dengan AS, Raja Salman Berikan 'Kado' Istimewa kepada Israel Raja Salman

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Arab Saudi, negeri Raja Salman bin Abdulaziz, setuju untuk membiarkan pesawat Israel melintasi wilayah udaranya dalam perjalanan ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (30/11/2020).

Menurut seorang pejabat senior pemerintahan Presiden AS Donald Trump, hal ini dilakukan setelah adanya pembicaraan antara pejabat Saudi dan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner.

Kushner beserta utusan Timur Tengah Avi Berkowitz dan Brian Hook mengangkat masalah ini tak lama setelah mereka tiba di Arab Saudi. "Kami dapat mendamaikan masalah tersebut," kata pejabat itu kepada Reuters.

Perjanjian itu dibuat hanya beberapa jam sebelum penerbangan komersial pertama Israel ke UEA direncanakan pada Selasa (1/12/2020) pagi. Penerbangan pesawat komersil Israel berisiko dibatalkan tanpa perjanjian penerbangan.

Penerbangan langsung tersebut merupakan bagian dari kesepakatan normalisasi yang dicapai Israel tahun ini dengan UEA, Bahrain, dan Sudan.

"Ini harus menyelesaikan setiap masalah yang harus terjadi dengan operator Israel yang membawa orang-orang dari Israel ke UEA dan kembali dan ke Bahrain," tambah pejabat itu.

Kushner dan timnya akan bertemu dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) serta emir Kuwait pada akhir pekan ini. Salah satu tujuan perjalanan itu adalah untuk mencoba membujuk negara-negara Dewan Kerjasama Teluk untuk mengakhiri blokade tiga tahun terhadap Qatar.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]