Pada Pemilu 2024, PKS Sumbar Targetkan Raih 25 Persen Suara


Selasa, 01 Desember 2020 - 09:59:54 WIB
Pada Pemilu 2024, PKS Sumbar Targetkan Raih 25 Persen Suara Ilustrasi. Net

 

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Menindaklanjuti hasil Musyawarah Nasional V, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat menargetkan perolehan suara hingga 25 persen pada pemilu 2024. 

"Secara nasional PKS punya target perolehan suara minimal 15 persen, untuk Sumatera Barat bisa lebih besar karena merupakan basis, kami menargetkan bisa meraih 25 hingga 30 persen suara menutupi kekurangan di Jawa Timur dan Indonesia bagian timur," kata Ketua DPW PKS Sumbar, Irsyad Safar, Senin (30/11/2020).

Menurut dia target tersebut amat realistis mengingat Sumatera merupakan basis PKS termasuk Sumatera Barat yang sejak 10 tahun terakhir gubernurnya juga dijabat oleh kader PKS.

Ia menilai angka tersebut juga amat realistis karena berdasarkan sejumlah survei PKS di Sumbar juga mendapatkan tempat di hati masyarakat.

"Ini ditambah oleh kondisi Sumatera Barat yang pada pilpres 2019 merupakan basis pendukung Prabowo tertinggi di Indonesia, namun kemudian berubah haluan masuk ke kabinet," kata dia.

Ia mengemukakan segmen pemilih Prabowo yang kecewa terhadap keputusan untuk bergabung dengan pemerintah merupakan salah satu ceruk yang digarap selain generasi milenial.

Pada sisi lain, Irsyad menambahkan pada Munas V tersebut juga dilakukan penyampaian AD/ART yang telah disahkan Kemenkum HAM, pengesahan arah kebijakan partai dan kerangka rencana strategis 2020-2025.

Kemudian pengesahan falsafah dasar perjuangan PKS, garis besar kebijakan Partai 2020-2025, pelantikan kepengurusan baru dan peluncuran logo baru, mars dan hymne PKS.

Untuk logo baru PKS kini berbentuk bulat yang di dalamnya ada lambang PKS menggambarkan kesetaraan, keteraturan, keserasian , persatuan dan kesatuan untuk memperjuangkan keadilan dengan warna baru yaitu oranye.

Sebelumnya hasil survei Voxpol Center Research and Consulting menemukan elektabilitas Partai Keadilan Sejahtera menjulang menjelang pelaksanaan Pilgub Sumbar 2020 dan menjadi partai yang paling banyak dipilih warga Sumatera Barat.

"PKS kini memimpin dengan persentase perolehan 20,3 persen diikuti Gerindra pada peringkat kedua dengan perolehan 13,8 persen dan Demokrat 12,4 persen," kata Direktur Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Sarwi.

Sementara elektabilitas Golkar 5,8 persen, PAN 5,0 persen, Nasdem 4,8 persen, PKB 3,1 persen, PDIP 2,0 persen, lainnya 2,9 persen, tidak memilih 0,3 persen, rahasia 13,6 persen dan tidak tahu/tidak jawab 16,0 persen.

Pangi menjelaskan survei digelar pada 2-12 November 2020 menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan sebesar lebih kurang 3,47 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Baca Juga : Nagari Tandikat Padang Pariaman Harapkan Normalisasi Batang Sani dan Perbaikan Kapalo Banda

Editor : Dodi | Sumber : Antara
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]