Positif Corona, Tertular dari Siapakah Anies Baswedan?


Selasa, 01 Desember 2020 - 15:04:40 WIB
Positif Corona, Tertular dari Siapakah Anies Baswedan? Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Riza Patria

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Melalui akun instagram pribadinya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Kira-kira siapakah yang menulari Anies Baswedan?

Untuk menelaah teka-teki ini, perlu pelacakan COVID-19. Sejauh ini, belum ada keterangan dari Satgas COVID-19 Jakarta soal siapakah yang menulari Anies.

Baca Juga : Benarkah? Pemilik Sim C Dapat BLT Rp900 Ribu

Anies, yang juga Ketua Satgas COVID-19 DKI, telah memberikan keterangan. Dia mengaku sempat berinteraksi dengan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

"Setelah mendengar kabar bahwa Pak Wagub positif, sementara kita ada interaksi yang cukup dekat, maka sesuai protokol kesehatan, saya kembali melakukan tes Minggu, 29 November, saya memulai dengan swab antigen," ujar Anies dalam akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, seperti dilihat, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga : Jaksa Agung Kantongi Tujuh Nama Calon Tersangka Korupsi PT Asabri

Riza menyatakan positif COVID-19 pada Jumat, 27 November. Riza tertular virus Corona dari staf pribadi. Adapun staf peribadi itu tertular lewat klaster keluarganya.

Namun belum jelas betul apakah Anies tertular oleh Ahmad Riza Patria atau orang lain.

Baca Juga : Waduh, Ada 2 Kapal Berbendera Malaysia Kepergok Curi Ikan di Selat Malaka

Anies hanya menyatakan masih mendapat hasil negatif COVID-19 lewat tes usap (swab test) PCR pada Rabu, 25 November pekan lalu.

Setelah mendengar Riza positif Corona pada 27 November, Anies kemudian melakukan swab test antigen pada tiga hari sesudahnya. Hasilnya juga masih negatif COVID-19.

Baca Juga : Eks HTI Dilarang Ikut Pemilu, Begini Penjelasan Komisi II DPR RI

"Pada hari Minggu tanggal 29 November, saya mulai menjalani swab antigen, dan hasilnya negatif," kata Anies.

Pada Senin, 30 November, Anies kemudian melakukan swab test lagi. Kali ini dia tidak lagi menggunakan swab test antigen, namun menggunakan swab test PCR. Lewat hasil tes PCR ini, diketahui dia positif COVID-19.

"Ternyata, malamnya dini hari, saya mendapat kabar kalau hasilnya positif. Hasil tes PCR ternyata saya positif COVID-19," kata Anies.

Kegiatan Anies

Lewat tes antigen pada 27 November, Anies mendapat hasil negatif COVID-19. Namun lewat tes PCR pada 30 November, Anies mendapat hasil positif COVID-19. Apa kegiatan Anies di antara dua tanggal itu?

Pada Sabtu, 28 November, sebagaimana diberitakan detikSport, Anies diketahui menyampaikan ucapan selamat secara virtual via Zoom untuk Persija Jakarta yang berulang tahun ke-92. Anies tidak menghadiri acara secara fisik di Kantor Persija Development, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Kegiatan Anies sebelumnya adalah sebagai berikut:

25 November 2020
- Anies menghadiri peresmian virtual PLTS Pulau Sebira di Balai Kota DKI
- Anies menghadiri pembukaan Munas MUI secara fisik di Hotel Sultan, Jakarta Pusat

26 November
- Anies menghadiri rapat paripurna DPRD DKI terkait APBD

27 November
- Anies menghadiri Bhumandala Award di Hotel Borobudur

Bila ditarik ke dua pekan sebelumnya, Anies beraktivitas fisik di luar ruangan. Dia menemui Habib Rizieq di kediamannya, Petamburan, Jakarta Pusat, 10 November, malam hari. Saat itu, Habib Rizieq baru pulang dari Arab Saudi.

Lantas, dari siapakah Anies tertular virus Corona? (*)

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 13:52:05 WIB

    Benarkah? Pemilik Sim C Dapat BLT Rp900 Ribu

    Benarkah? Pemilik Sim C Dapat BLT Rp900 Ribu Beredar kabar bahwa pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Kabar itu menyebut pemilik SIM C dapat BLT sebagai stimulus di tengah pandemi COVID-19..
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 13:07:08 WIB

    Jaksa Agung Kantongi Tujuh Nama Calon Tersangka Korupsi PT Asabri

    Jaksa Agung Kantongi Tujuh Nama Calon Tersangka Korupsi PT Asabri Jaksa Agung Burhanuddin mengungkapkan saat ini sudah ada tujuh calon tersangka terkait kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT. Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau PT. Asabr.
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 12:34:55 WIB

    Waduh, Ada 2 Kapal Berbendera Malaysia Kepergok Curi Ikan di Selat Malaka

    Waduh, Ada 2 Kapal Berbendera Malaysia Kepergok Curi Ikan di Selat Malaka Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap dua kapal ikan asing ilegal berbendera Malaysia. Mereka disebut mencuri ikan di perairan Indonesia bahkan peristiwa tersebut diwarnai aksi kejar-kejaran dengan aparat..
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 12:25:51 WIB

    Eks HTI Dilarang Ikut Pemilu, Begini Penjelasan Komisi II DPR RI

    Eks HTI Dilarang Ikut Pemilu, Begini Penjelasan Komisi II DPR RI Anggota Komisi II DPR RI Zulfikar Arse Sadikin menjelaskan argumen adanya klausul dalam RUU Pemilu terkait eks-anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dilarang ikut dalam kontestasi Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif, dan Pilka.
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 11:56:45 WIB

    Dulu 12 Jam, Kini Bakauheni-Palembang Cuma 3,5 Jam Lewat Tol

    Dulu 12 Jam, Kini Bakauheni-Palembang Cuma 3,5 Jam Lewat Tol Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km. Kini, dari Bakauheni ke Palembang sudah tersambung tol sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]